Pemkab Wonogiri Siapkan 7 Program Unggulan dalam RPJMD

0
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wonogiri

Kabupaten Wonogiri — Pemkab Wonogiri dibawah kepemimpinan Joko Sutopo “Mas Jekek” memiliki tujuh program unggulan yang akan diwujudkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Program tersebut sudah disepakati antara Pemkab dan DPRD  dalam Rapat Paripurna DPRD di ruang Graha Paripurna, Rabu (7/4/2021).

Mas Jekek sapaan akrab Bupati Wonogiri memaparkan tujuh program unggulan pemkab itu akan direalisasikan selama kepemimpinannya periode II ini. Ada dua program merupakan lanjutan program yang telah direalisasikan pada kepemimpinan periode I lalu.

Dua Program lanjutan diperiode I tersebut ialah di bidang pendidikan yaitu paket program sekolah gratis dan pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Lalu, di bidang Kesehatan yakni Pelayanan Kesehatan gratis. Dia menilai pendidikan dan kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi.

Ketua DPRD Kab. Wonogiri, Sriyono

“Program unggulan ketiga, percepatan penanganan kemiskinan berbasis organisasi perangkat daerah sebagai satuan tugas. Program unggulan keempat, reformasi birokrasi yang dinamis berbasis ilmu pengetahuan teknologi, inovasi, dan membangun sistem yang terintegrasi,” paparnya dalam nota pengantar rancangan awal RPJMD.

Selanjutnya untuk 3 program unggulan lainnya ialah pembangunan sarana prasarana pasar tradisional, agrobisnis, kemudahan akses permodalan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), penguatan badan usaha milik (BUM) Desa, dan pelatihan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) bagi pengusaha pemula.

“Selain itu memberi kemudahan berinvestasi dengan pelayanan yang cepat, mudah, dan terintegrasi. Terakhir, membangun sistem pertanian modern berbasis sumber daya manusia unggul dengan memanfaatkan Iptek dan inovasi,” pungkas Bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wonogiri tersebut.

Koresponden: Firr Febb

Baca Juga :   Sistem Resi Gudang Grobogan Jadikan Percontohan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here