Pemkab Kebumen Cari Solusi Jitu Tekan Angka Kematian Covid-19

0
Foto: Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih dalam memimpin rapat evaluasi penyebab pasien Covid-19 meninggal dunia

Kabupaten Kebumen – Pemerintah Kabupaten Kebumen terus melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk menekan angka kasus dan kematian akibat virus Covid-19. Evaluasi menyeluruh ini, untuk mencari penyebab dan permasalahan yang terjadi untuk kemudian dicari solusinya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih usai memimpin rapat evaluasi penyebab pasien Covid-19 meninggal dunia, di ruang rapat Bupati Gedung E Kompleks Setda Kebumen Rabu (28/7/2021).

Rista menyampaikan, meski pasien terpapar Covid-19 cenderung mengalami penurunan. Tapi hal itu perlu adanya upaya lebih intensif agar meminimalisir dampak yang ditimbulkan. Tindak lanjut evaluasi akan diawali dari rumah sakit milik pemerintah.

“Memang awalnya kita di rumah sakit negeri dulu, tetapi ke depan kita akan evaluasi seluruh rumah sakit yang ada di Kebumen. Kita tahu bahwa pasien Covid-19 di Kabupaten Kebumen masih tinggi,” ucap Rista.

Dari hasil evaluasi, terdapat poin penekanan sebagai langkah antisipasi diantaranya, mempercepat waktu tunggu di UGD hingga masuk bangsal. Selain itu, perlu adanya penambahan kapasitas ruang dan tempat tidur di ICU berikut dengan alat penunjang medis.

“Memang ada penurunan meskipun belum signifikan. Angka kematian juga cukup tinggi. Ini menjadi bahan evaluasi kita bersama agar angka itu tidak melonjak lagi,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Dwi Budi Satrio menambahkan, terkait pasokan oksigen yang ada untuk saat ini pihaknya mengaku masih dinyatakan relatif aman bagi pasien penderita Covid-19. Sebab sejauh ini, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa penyedia jasa pengisian oksigen medis.

“Kalau oksigen untuk masalah stok dan penampung keduanya menjadi bahan kajian. Stok dan pengiriman kita sudah mempunyai beberapa tempat pengisian sehingga aman,” terang dia.

Koresponden : MH

Baca Juga :   "Pranata Part", Wujud Kemandirian Ekonomi Kader Komunitas Juang Kabupaten Grobogan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here