Kota Semarang – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang akrab disapa Mas Hendi, melakukan inspkesi mendadak ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Semarang, di wilayah Mangkang. Mas Hendi ingin memastikan kesiapan Pemerintah Kota Semarang dalam melaksanakan kegiatan pelayanan di tempat baru yang menjadi satu dengan Terminal Mangkang Semarang tersebut. Pihaknya berharap, kehadiran dapat memotivasi jajarannya untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat.
Mas Hendi mengatakan,”beberapa OPD sudah pindah kantor ke bangunan MPP ini. Alhamdulillah, tadi saya cek berangkatnya lebih awal, tidak ada yang terlambat. Jika konsisten seperti ini terus, kita optimis, kualitas pelayanan masyarakat kita akan meningkat. Ada yang berangkat dari rumah jam 7, bahkan jam 6 pagi. Kemudian, ke kantor naik BRT. Semoga ini juga menjadi contoh yang baik dalam membiasakan diri menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan,” tuturnya.

Mas Hendi menambahkan, MPP dibangun Pemerintah Kota Semarang untuk memusatkan urusan perizinan dan pelayanan lainnya dalam satu lokasi. Mas Hendi juga menyebutkan, kehadiran MPP akan memudahkan masyarakat dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Menurutnya, konsep Mall Pelayanan Publik (MPP) tidak hanya menyatukan layanan secara fisik, namun juga secara sistem.
Dengan adanya MPP, Mas Hendi optimis, pelayanan publik di Kota Semarang dapat terus semakin dirancang lebih mudah, serta tidak menimbulkan keengganan di masyarakat. Sebab, pelayanan publik masyarakat sering dianggap ribet dan berbelit-belit, kemudian mata rantai yang panjang dicoba terus pangkas, sehingga lebih praktis.
“Hari ini kita buat lebih praktis lagi melalui pembukaan Mall Pelayanan Publik. Nantinya, akan ada 225 jenis layanan dari 15 OPD Kota Semarang yang bergabung di MPP, yakni DPMPTSP, DLH, Diskominfo, Distaru, Disdukcapil, Dishub, Dinkes, DPU, Bapenda, BPKAD, Dinas Perdagangan, Disnaker, Dinas Perindustrian, Dinas Arpus, serta DISBUDPAR,” imbuhnya.
Mas Hendi juga menjelaskan, termasuk di dalamnya, ada 38 jenis layanan instansi di luar Pemerintah kota Semarang seperti DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah, ATR/BPN, Kantor Samsat, Kantor Imigrasi, KPP Pratama, POLRESTABES, Kemenkumham Divisi Pelayanan, BP3TKI Semarang, Bank Jateng, BPJS Kesehatan, BPOM, Bea Cukai, PDAM, serta BPJS. Mas Hendi juga berharap, adanya MPP juga akan menarik pengunjung yang lebih banyak ke Terminal Mangkang. Dengan demikian, muncul peluang usaha untuk menggerakkan roda perekonomian, agar kembali bangkit di era pasca pandemi.
“MPP juga akan dilengkapi sarana dan prasarana pelayanan publik yang sesuai standar. Ada mesin antrian, CCTV, area bermain anak, Wifi, ruang tunggu yang nyaman, jalur dan lift khusus difabel. Jadi, kami upayakan MPP ini inklusif, nyaman untuk segala kalangan dan usia,” pungkas Mas Hendi, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Koresponden : WP – Didik