Pancasetya Komunitas Juang Sebagai Orientasi Kemandirian Ekonomi

0
Foto: Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung, Ahmad Wahyudin

Kabupaten Temanggung – Seorang Kader Komunitas Juang ataupun calon, tentu harus senantiasa berperan aktif dalam segala aspek kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal tersebut merupakan tanggung jawab ideologis seorang pemuda dan merupakan bentuk refleksi dari salah poin Pancasetya Komunitas Juang, yaitu ‘Menebar Manfaat Untuk Rakyat’.

Langkah menebar manfaat tentu tidak hanya terkonfigurasi dalam langkah revolusioner, akan tetapi bisa dimulai melalui tindakan sederhana yang memiliki dampak nyata bagi kehidupan masyarakat. Salah satu caranya adalah melalui kemandirian ekonomi berbasis kemasyarakatan. Hal tersebut diaktualisasikan oleh seorang Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung, Ahmad Wahyudin yang mengembangkan pembudidaya ikan.

Foto: CKJ Wahyudin di Kolam Ikan Budidayanya

Ditemui di kediamannya di Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu, Wahyudin ini mengatakan, bahwa budidaya ikan yang digelutinya berasal dari hobi dan analisa terkini terkait stabilitas ekonomi.

“Saya memiliki ketertarikan tersendiri di bidang perikanan. Hal tersebut tidak terlepas dari kompetensi yang saya miliki dari penempaan materi di pendidikan formal. Di sisi lain, kondisi Pandemi Covid-19 mempunyai konsekuensi tersendiri khususnya di bidang ekonomi. Dari analisa yang dilakukan, budidaya ikan ini sangat potensial untuk dikembangkan dengan telaah permintaan pasar yang stabil serta ketahanan komoditas yang baik,” katanya, Sabtu (24/7/2021).

Tidak cukup sampai di situ, Wahyudin juga memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat di sekitarnya. Keberhasilannya dalam membudidayakan ikan tentu menjadi inspirasi tersendiri bagi masyarakat. Ia juga kerap melakukan pelatihan teknis kepada masyarakat terkait pembudidayaan. Selain itu, juga melibatkan masyarakat setempat ketika panen raya tiba.

“Kaderisasi dalam Komunitas Juang membuat saya tumbuh menjadi generasi muda yang tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga bagaimana memberikan dedikasi nyata bagi lingkungan sekitarnya. Melalui budidaya ikan ini setidaknya saya bisa membuka sedikit lapangan kerja bagi masyarakat meskipun sifatnya tentative. Saya berharap hal tersebut bisa berdampak pada stabilitas ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga :   Binta, Kader Komunitas Juang di Meksiko

Bagi Wahyudin, pemuda saat ini tentunya harus memiliki kontribusi positif terhadap eksistensi kehidupan masyarakat. Idealnya pemuda adalah dia yang mampu berkarya dan memberikan bukti nyata, tidak cukup hanya tertulis sebagai konsep belaka.

“Wadah Komunitas Juang telah merubah mindset saya bahwasanya kehidupan masyarakat akan maju jikalau terdapat nilai kegotong royongan. Oleh karena itu, partisipasi pemuda yang sedang mempunyai optimisime dan semangat berapi api tentu memiliki posisi yang strategis. Mari kita buktikan bahwa pemuda saat ini dapat memberikan kontribusi nyata di segala sektor dan sendi kehidupan,” pungkasnya.

Koresponden: Enggar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here