Mulai Dari Dirimu, Cegah Penyebaran Corona

0
997

Virus Corona (Covid-19) telah menyerang jutaan orang di berbagai negara dan menelan ribuan korban jiwa. Bahkan World Health Organization (WHO) telah menaikan status virus corona menjadi pandemi.

Penyebaran virus corona sangat cepat dan sampai sekarang belum ditemukan vaksinnya. Oleh sebab itu, jangan memandang sepele virus corona dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Selalu sediakan pembersih tangan dengan kandungan alkohol minimal 60% atau alkohol. Membersihkan tangan dengan pembersih tangan (hand sanitizer) sangat efektif ketika tidak ada kran air untuk mencuci tangan.

Menggunakan masker, karena kemungkinan besar penularan melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Cara memakai masker pun harus benar dengan sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Ketika melepaskan masker pun harus berhati-hati. Hindari menyentuh bagian depan masker, karena penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

Selalu lap atau bersihkan benda-benda yang sering disentuh dengan desinfektan atau alkohol. Terlebih barang-barang yang habis dibawa pergi.

Sebisa mungkin hindari berpergian untuk keperluan yang tidak penting ataupun berkumpul dengan teman-teman. Disarankan untuk tetap di rumah saja.

Bagi yang terpaksa harus keluar rumah, untuk belanja kebutuhan dasar ataupun bekerja, disarankan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, agar tidak membahayakan satu sama lain.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Banjarnegara Selenggarakan Rapat Pleno DPC

Mari kita bersama cegah penyebaran virus corona, mulai dari diri kita sendiri.

Penulis: C. Ayu