Momentum Kemerdekaan, Titik Winarti Serukan Makna Persatuan

0
Foto: Titik Winarti Menggelar Malam Tirakatan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76

Kabupaten Temanggung – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Temanggung, Titik Winarti mengatakan, kemerdekaan Indonesia adalah sebuah momen yang bersejarah serta mempunyai pengaruh signifikan di segala sektor dan sendi kehidupan.

Di sisi lain, kebebasan berekspresi secara bertanggungjawab adalah contoh kecil dan mendasar terkait dengan aktualisasi cita-cita rakyat melalui kemerdekaan. Pernyataan ini disampaikannya pada malam tirakatan Desa Jumo, Kecamatan Jumo, Senin (16/8/2021).

Foto: Titik Winarti Menggelar Malam Tirakatan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76

Menurut Titik Winarti, bahwa kemerdekaan Indonesia harus dioptimalkan sebagai momen untuk merealisasikan Trisakti Bung Karno, yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam berkebudayaan.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua sebagai elemen bangsa dan negara untuk melanjutkan serta memikul cita cita kemerdekaan Republik Indonesia. Caranya adalah dengan saling bergotong royong, menumbuhkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Titik Winarti yang juga KomandanTe Kecamatan Jumo.

Lebih lanjut, ia mengajak kepada seluruh peserta tirakatan untuk menjadi motor penggerak persatuan. Segala bentuk perbedaan pada hakikatnya adalah kehidupan untuk disikapi secara inklusif. Pandangan multikulturalisme adalah cara paling strategis untuk memberikan perspektif terhadap keberagaman budaya dan pemikiran masyarakat.

“Sebagai bangsa beradab, tentu kita harus melihat segala bentuk realitas sosial ini dengan inklusif. Persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal paling utama yang mesti dirawat harmonisasinya. Melalui momentum HUT RI ke-76 ini, mari kita tumbuhkan rasa saling memiliki antar sesama masyarakat. Jangan sampai bangsa ini terpecah belah karena adanya perbedaan yang menjadi hakikat kehidupan,” pungkasnya

Koresponden: Enggar – Zidan

Baca Juga :   Entrepreneurship Korps Dalam Mengaktualisasikan Trisakti Bung Karno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here