Minimnya Masyarakat Bervaksin, Irna: Perlu Jemput Bola

0
Foto: Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Irna Setiawati Melakukan Monitoring Jalannya Vaksinasi di Beberapa Puskesmas di Kabupaten Pemalang

Kabupaten Pemalang –  Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Irna Setiawati mengungkapkan, kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dirasa belum optimal.

Pernyataan itu disampaikan oleh Hj. Irna Setiawati saat melakukan monitoring jalannya vaksinasi di beberapa Puskesmas di Kabupaten Pemalang, Rabu (28/7/2021).

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Dapil 13 yang meliputi Kabupaten Batang, Pekalongan, dan Pemalang ini mengatakan, bahwa kesadaran warga untuk disuntik vaksin bagi masyarakat perkotaan sangat rendah. Untuk itu, perlu ada upaya dari pihak Puskesmas untuk jemput bola dengan mendatangi warga dengan memanfaatkan tempat Posyandu untuk vaksinasi.

Foto: Hj. Irna Setiawati Bersama Kepala Puskesmas Mulyoharjo, dr. Suharja

“Partisipasi warga perkotaan untuk vaksin Covid-19 sangat rendah, untuk itu perlu adanya jemput bola dari tenaga kesehatan. Akan tetapi, harus dipastikan ketersediaan tenaga kesehatan di lapangan, mengingat di Pemalang masih krisis Nakes akibat banyak yang terpapar,” tambahnya.

Maka dari itu, Irna mengajak seluruh stakeholder untuk turut berpartisipasi dalam mensukseskan program percepatan vaksinasi yang digalakkan pemerintah.

Pada giat ini, Legislator PDI Perjuangan ini melaksanakan monitoring di Puskesmas Mulyoharjo dan Banjardawa. Puskesmas ini dipilih karena keduanya mempunyai fasilitas pemeriksaan kesehatan yang cukup lengkap disertai dengan rawat inap. Di samping itu, lokasi keberadaan Puskesmas itu berdekatan dengan pasar yang mana pusat kerumunan.

“Puskesmas Mulyoharjo ini lokasinya di tengah-tengah keramaian warga masyarakat, di sana ada aktivitas pasar, terminal angkot dan pasar ayam (unggas), ini perlu mendapat perhatian serius seluruh pihak agar jalannya vaksinasi di sana tidak menambah kerumunan massa,” katanya.

Irna yang mantan penyintas Covid-19 ini berpesan kepada seluruh Nakes untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas. Patuhi protokol kesehatan pencegahan terpapar Covid-19 serta layani masyarakat dengan sepenuh hati.

Baca Juga :   Bisnis "Kopi Mlati" Milik Pujo Widodo Tembus Pasar Internasional

“Saya mohon bapak ibu semua Nakes, untuk patuhi prokes, mari layani masyarakat dengan sepenuh hati,” pungkasnya.

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here