Menjadikan Pancasila Sebagai Spirit dalam Melayani Masyarakat

0
Menjadikan Pancasila Sebagai Spirit dalam Melayani Masyarakat

Kabupaten Wonosobo – Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat meminta jajaran Pemkab dalam melayani masyarakat harus dibarengi dengan semangat dan spirit Pancasila sebagai nilai-nilai norma dasar dalam berperilaku. Selain itu semangat Pancasila juga sebagai penguat dan pemersatu bangsa.

Sehingga dalam melayani masyarakat, sinergitas dan koordinasi yang baik dari semua stakeholder akan terjalin semakin kuat, demi kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan. Demikian dikatakan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat menjadi Pembina Apel Lintas Sektoral di halaman Kantor Kecamatan Kalikajar, Kamis (30/6/2022) pagi.

“Pancasila sebagai spirit bagi kita, yang harus kita fahami yang harus kita ilhami yang harus kita implementasikan, tugas kita sebagai anak bangsa, adalah untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan kita sehari, dan dimanapun kita berada, baik dirumah maupun dalam bekerja dan berkarya”, ujar Bupati.

Bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Wonosobo ini menyebut, jika semangat Pancasila ini dijadikan pegangan, apapun tantangan yang di hadapi Negara ini, dan khususnya Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Bupati optimis permasalahan yang ada akan bisa diatasi dengan baik secara bertahap.

“Kalau Pancasila ini kita jadikan pegangan, seberat apapun tantangan yang dihadapi negara ini, seberat apapun tantangan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Wonosobo saat ini, yaitu menyangkut kemiskinan ekstrem, stunting, pendidikan yang mana masih banyak anak tidak sekolah, menyangkut infastruktur sarana dan prasarana, saya optimis ini bisa terurai dengan baik secara bertahap. Adil tidak harus merata namun proporsional. Pancasila adalah gotong royong, dalam menghadapi tantangan harus diselesaikan dengan kerjasama, koordinasi, sinergi dari semua sektor sebagai pilar utama dan semua itu diwujudkan dalam gotong-royong”, tegas Bupati.

Seiring doa dan ikhtiar serta petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa, Bupati mengajak agar Spirit Pancasila dijadikan landasan fikir dalam bekerja mengabdi kepada bangsa dan negara, sehingga dengan semangat tersebut akan menggiring kedalam perilaku berbuat yang terbaik.  Sembari berpesan agar selalu meningkatkan kualitas bekerja dan berkarya, utamanya dalam memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat Wonosobo.

Baca Juga :   PAC PDI Perjuangan Karanggayam Bersama Calon Komunitas Juang Lakukan Bakti Sosial

“Marilah spirit Pancasila ini, spirit para pejuang dan pahlawan bangsa ini, kita jadikan landasan fikir kita dalam melaksanakan tugas dan dalam bekerja, sehingga jika sudah memiliki landasan fikir yang cerdas, yang jernih, pasti bisa menyelesaiakan persoalan yang kita hadapi seiring dengan doa, ikhtiar dan petunjuk dari Allah SWT, karena hanya dengan petunjuk-Nya semua akan berjalan di jalurnya. Saya berharap apa yang sudah dicapai, yang baik agar terus ditingkatkan, sehingga kedepan akan mendapatkan sesuatu yang terbaik jika kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Wonosobo”, pungkasnya.

Koresponden: Hildan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here