Mendorong Anak Muda Berpartai

0
Foto: Kader Komunitas Juang, M. Arifudin

Kabupaten Tegal – Kehadiran anak muda di Partai politik sebuah keharusan yang harus digalakkan. Ini menjadi penting karena anak muda merupakan iron stock, yang berarti penerus keberlangsungan Partai dan kepemimpinan bangsa atau dalam tanda kutip regenerasi adalah keniscayaan.

Sadar akan tanggung jawab tersebut, sosok M. Arifudin terjun ke dunia politik, yakni bergabung di unit diklat anak muda DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah yaitu Komunitas Juang. Di sinilah, dirinya menemukan jati diri yang sebetulnya, karena seorang kader Komunitas Juang dibentuk agar mempunyai jiwa karakter, kompetensi, dan kapasitas yang baik.

Tahapan demi tahap dilaluinya, dari menjadi Calon Kader Komunitas Juang (CKJ) dengan mengikuti pembinaan, serta sampai pada kesempatan yang sangat dinanti Pelantikan Komunitas Juang Jawa Tengah tepat pada tanggal 6 Mei 2018.

“Sejak awal bergabung di Komunitas Juang, saya sudah merasa ini tempat yang pas dalam berproses. Saya mendapatkan pelajaran yang tidak ada di dunia pengkaderan anak muda. Karena dalam prosesnya, kader dibentuk agar mempunyai jiwa karakter, kompetensi, dan kapasitas, serta dipimpin ide, dihikmati ide, memikul ide, dan membumikan ide Bung Karno,” kata Arif DN sapaan akrabnya.

Arif DN juga menyampaikan, di dalam Korps Komunitas Juang dengan bimbingan dan arahan dari Dewan Mentor Juang, kader dapat menambah ilmu, serta dapat mengasah kemampuan dalam upaya menambah kompetensi yang dimiliki setiap kader.

Saat ini, Arif DN ditugaskan oleh Dewan Mentor Juang menjadi Asisten Mentor Juang (AMJ) di Kab. Tegal. Dirinyan berpesan untuk selalu membangun pride di dalam Korps. “Membangun pride merupakan upaya menumbuhkan rasa kebanggan dalam diri terhadap Komunitas Juang,” pungkas Arif DN.

Koresponden: Arif DN

Baca Juga :   Slamet: Tahun 2021 Harus Terus Berbenah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here