Melalui Bupati, Puan Maharani Berikan Bantuan Alsintan Kepada Petani Sukoharjo

1

Kabupaten Sukoharjo – Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani, S.E., M.M., secara simbolis menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada petani. Alsintan tersebut merupakan bantuan dari Ketua DPR RI, Puan Maharani, dimana Kab. Sukoharjo mendapatkan 42 Alsintan. Bantuan tersebut kemudian didistribusikan pada kelompok tani (klomtan), Jumat (27/8/2021).

Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani mengatakan, dalam rangka pencapaian target produksi tanaman pangan untuk mendukung ketahanan pangan di Sukoharjo, perlu adanya percepatan tanam dan penanganan panen. Sementara, kondisi yang terjadi di lapangan saat ini masih mengalami kendala keterbatasan tenaga kerja di bidang Pertanian. Maka dari itu, penggunaan Alsintan merupakan solusi yang tepat dalam meningkatkan produksi tanaman pangan.

Rangkaian kegiatan penyerahan Alsintan dari Puan Maharani kepada petani, melalui Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani

“Penggunaan Alsintan sangat esensial dalam mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan nilai tambah dan daya saing usaha pertanian, serta peningkatan penyediaan bahan baku industri pengolahan hasil pertanian, yang menjadi misi utama pembangunan pertanian yang modern,” tuturnya.

Etik Suryani yang juga Kader PDI Perjuangan Sukoharjo menambahkan, selama ini Kab. Sukoharjo merupakan penyangga pangan di Jawa Tengah, sehingga kontribusi produksi pangan di Kab. Sukoharjo diharapkan mampu untuk mencukupi kebutuhan pangan wilayah lain di luar Kab. Sukoharjo.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi kepada Mbak Puan yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada petani di Kab. Sukoharjo. Melalui bantuan Alsintan, diharapkan dapat mendukung keberhasilan, serta peningkatan produksi pertanian di Sukoharjo,” imbuhnya.

Etik juga menjelaskan, Puan Maharani memberikan bantuan Alsintan sebanyak 42 unit, yang terdiri dari, traktor roda dua sebanyak 20 unit, pompa air sebanyak 10 unit, cultivator sebanyak unit, serta rice transplanter sebanyak 7 unit. Etik juga berharap, bantuan tersebut dapat dimanfatkan dengan sebaik-baiknya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah agar dirawat, dipelihara, serta dikembangkan.

Baca Juga :   Afif Nurhidayat: Abdi Negara Harus Menjadi Problem Solving Masyarakat

“Harapannya, bantuan tersebut benar-benar akan dapat mendorong peningkatan produktivitas dan hasil pertanian, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan, serta kemakmuran bagi petani dan masyarakat Sukoharjo,” tutupnya.

Koresponden : Sony – Sangwang

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here