Mbak Yuni Entaskan Masalah Kemiskinan di Desa Jabung

0
Foto: Kunjungan Mbak Yuni di Desa Jabung

Kabupaten Sragen – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati atau yang akrab disapa Mbak Yuni menghadiri wisuda Desa Jabung, Kecamatan Plupuh yang telah selesai dalam program desa tuntas kemiskinan. Sabtu (08/10/2022).

Dalam sambutannya, Mbak Yuni menyampaikan Desa Jabung menjadi pilot project (percontohan) yang pertama kali di Kabupaten Sragen untuk progam desa tuntas kemiskinan. Upaya ini dilakukan dalam rangka menurunkan angka kemiskinan di sragen. Berbagai program RTLH, jambanisasi, bantuan usaha, dan modal usaha telah direalisasikan di tempat ini.

“Sehingga jika sumber daya yang dimiliki diberikan kepada satu tempat diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di tempat tersebut. Seperti di Desa jabung saat ini, ada 57 rumah yang di perbaiki dengan bantuan sebesar Rp. 17,5 juta untuk masing-masing rumah. Dengan diberikan modal kerja dan sebagainya harapannya sudah terentaskan dari kemiskinan,” ujar Mbak Yuni

Lebih lanjut, Mbak Yuni menjelaskan sesuai data DTKS, KK miskin yang diusulkan di Desa Jabung awalnya sebnyak 637 KK. Namun, setelah di assesmen terdapat 516 KK, kemudian setelah diverifikasi ulang menjadi 315 KK serta mendapatkan terapi berupa bantuan RTLH sebnyak 57 rumah, jambanisasi 48, bantuan pendidikan 6 siswa, 12 sambungan listrik, usaha ekonomi produktif (UEP) untuk 155 orang sesuai jenis usaha masing-masing Rp. 2 juta, Jadup Rp. 200 ribu selama satu tahun untuk 38 keluarga dan PBI JKNAPBD Rp. 42 ribu untuk 332 orang. Dengan total anggaran keseluruhan hampir Rp. 2 milyar yang digelontorkan untuk Desa Jabung,” jelas Mbak Yuni.

Terakhir, Kepala Desa Jabung, Triyono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Sragen, khususnya Bupati Sragen yang telah memberikan kepercayaan serta menujuk Desa jabung menjadi pilot project desa tuntas kemiskinan di Kabupaten Sragen.

Baca Juga :   KJ Batang Salurkan Beras untuk Rakyat dari Mbak Puan

Alhamdulillah semua program desa tuntas kemiskinan di Desa Jabung sudah terlaksanakan. Hanya ada beberap pembangunan RTLH rumah belum terselesaikan terkendala tukang. Mudah-mudahan minggu depan dapat selesai. Atasnama Pemerintah Desa Jabung kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu, khususnya Bupati Sragen,” tutup Triyono.

Koresponden : Eky Ely

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here