Mbak Puan Resmikan SR Air Bersih Di Desa Gendayakan

0
Foto: Mbak Puan Secara Simbolis Meresmikan SR Air Bersih

Kabupaten Wonogiri – Didampingi Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Mas Jekek) dan Ketua Komisi III DPR RI Ir. Bambang Wuryantoro (Bambang Patjul), Ketua DPR RI, Puan Maharani mendarat di lapangan Johunut Paranggupito mengunakan helikopter dari Lanud Adi Soemarmo, Solo. Puan Maharani dan rombongan disambut meriah oleh masyarakat Kecamatan Paranggupito dan disambut dengan tarian 150 penari Kethek Ogleng serta 25 Dadak Merak Reog Ponorogo di lapangan Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Selasa (26/4/2022).

Sejauh 68 KM dari pusat Kota Wonogiri, Desa Gandayakan selama ini sangat kesulitan air karena berada di kawasan kering dan berbatu gamping. Desa Gendayakan yang berbukit dan batu kapur serta saat kemarau hampir dipastikan menjadi langganan kekeringan dan krisis air bersih.

Foto: Kedatangan Mbak Puan Disambut Meriah Oleh Masyarakat Desa Gendayakan

Ini adalah sejarah bagi Desa Gendayakan yang puluhan tahun belum pernah menikmati bersih dengan mudah. Kini, dengan adanya program penanganan krisis air bersih oleh Bupati Wonogiri, warga Desa Gendayakan akhirnya bisa menikmati air bersih dengan mudah di rumah masing-masing.

Dalam kunjungan kerja ini, Mbak Puan sapaan akrabnya berharap pembangunan sarana air bersih dapat memberikan manfaat untuk warga. Sarana air bersih tersebut bisa terbangun karena gotong-royong semua pihak baik dari Pemda, Perguruan Tinggi, dan warga. Pesan Mbak Puan kepada masyarakat agar memanfaatkan sebaik mungkin dan berhemat air bersih walapun sudah mengalir ke rumah-rumah warga.

Mbak Puan secara simbolis meresmikan pemasangan Sambungan Rumah (SR) air bersih untuk 506 rumah warga Desa Gendayakan. Program penanganan krisis air bersih ini sudah menjadi skala prioritas sejak 2017. Ia juga membagikan 1.000 paket sembako untuk masyarakat yang hadir dan membagikan alat tulis untuk pelajar.

Baca Juga :   Mas Jekek: Optimalkan Teknologi, Maksimalkan Pertanian

Dalam pidatonya, Mbak Puan berpesan kepada masyarakat Desa Gendayakan untuk menggunakan air bersih sebaik mungkin sesuai kebutuhan.

“Sekarang air bersih sudah bisa dimanfaatkan untuk masyarakat Desa Gendayakan. Namun, saya berharap walapun masyarakat Desa Gendayakan sudah mendapatkankan air bersih dengan mudah, masyarakat harus tetap berhemat air bersih dan mengunakan dengan sebaik baiknya.” pungkas Mbak Puan.

Koresponden : Firfeb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here