Mbak Ita Ajak Warga Kota Semarang Berkebun

0


Kota Semarang – Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita mengadakan soft launching Program Pelatihan Berkebun Hebat dan website “BerkebunHebat.id”. Acara ini berlangsung di kediaman Mbak Ita yang berada di Bukit Duta Banyumanik, Sabtu (12/9/2020).

Acara soft launching ini dihadiri oleh Komunitas Juang Kota Semarang, Tim Berkebun Hebat dan milenial peduli tanaman. Tujuan diadakannya program pelatihan ini adalah menunjukkan kepada warga Kota Semarang bahwa berkebun di halaman rumah tidak sulit seperti yang dibayangkan.

“Hari ini saya mengadakan soft launching Program Pelatihan Berkebun Hebat. Tujuan saya mengadakan program pelatihan ini adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa berkebun di halaman rumah atau membuat tanaman urban farming itu tidak sulit, asalkan tahu cara-caranya. Misalkan memindahkan bibit dilakukan dengan cara menekuk lalu menanamnya juga harus benar. Hal itu karena apabila tidak sesuai maka nantinya akan tumbuh jamur. Itu adalah materi yang akan kami ajarkan di program pelatihan Berkebun Hebat ini. Jadi intinya kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara urban farming yang baik dan benar,” jelas Mbak Ita.

Program pelatihan Berkebun Hebat ini dapat diikuti oleh seluruh warga Kota Semarang secara gratis. Bagi masyarakat yang hendak mengikuti pelatihan ini cukup mendaftarkan dirinya melalui website yang telah diluncurkan pada saat soft opening, yaitu berkebunhebat.id. Harapannya dengan adanya pelatihan ini masyarakat nantinya akan mendapatkan hasil panen yang memuaskan dari kegiatan berkebun yang dilakukannya di pekarangan rumah.
Komunitas Juang Kota Semarang yang hadir dalam kegiatan launching ini mengaku sangat senang karena banyak ilmu yang didapatkan mengenai cara menanam hidroponik yang baik dan benar. Selain itu Asisten Mentor Juang (AMJ) Bayu Firman mengutarakan keinginannya untuk membuat urban farming tanaman hidroponik di Posko Komunitas Juang Kota Semarang.

Baca Juga :   Ali Badrudin: Kuatkan Persaudaraan, Langgengkan Perdamaian

“Terimakasih kepada Bu Ita yang sudah mengundang Komunitas Juang Kota Semarang untuk hadir dalam acara soft launching Berkebun Hebat ini. Dengan adanya acara ini kami jadi mendapatkan ilmu mengenai cara menanam tanaman hidroponik. Dan rencananya nanti kami akan menyalurkan ilmu kami kepada teman-teman yang lain yang belum hadir di sini. Caranya kami akan menanam tanaman hidroponik di Posko Komunitas Juang Kota Semarang, di Jalan Barusari,” ungkap AMJ Bayu.

Acara diakhiri dengan memanen hasil sayur-mayur dan buah-buahan yang telah matang, seperti selada, sawi, tomat, seledri, daun bawang, tomat dan stroberi.

Koresponden: Didik S dan Pangestika RP