Mbak Casytha Ajak Amalkan Nilai-Nilai Empat Pilar Kebangsaan

1
Foto: Anggota DPD RI, Casytha A. Kathmandu Bersama Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Kota Semarang – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Casytha A. Kathmandu, S.E., M.Fin melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dalam rangka penguatan karakter kebangsaan, Senin (8/2/2021).

Sosialisasi yang diikuti oleh Pemuda Karang Taruna Kota Semarang dan Persatuan Masyarakat Penggerak Indonesia (PMPI) Kota Semarang ini bertempat di Gedung Poltekkes Semarang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan berlangsung melalui pola Seminar dan Dialog Interaktif guna memberikan keefektifan kepada peserta supaya memperoleh pemahaman materi secara mendalam.

Selanjutnya, tokoh yang akrab disapa Mbak Casyta ini menjelaskan sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJP Nasional) Tahun 2005-2025, bahwa pendidikan karakter sebagai misi pertama dari delapan misi guna mewujudkan visi pembangunan nasional.

Foto: Anggota DPD RI, Casytha A. Kathmandu

“Dalam RPJP Nasional tersebut ada 3 fungsi pembangunan karakter bangsa, pertama; fungsi pembentukan dan pengembangan potensi pembangunan karakter bangsa. Kedua; fungsi perbaikan dan penguatan pembentukan karakter bangsa. Kemudian ketiga; fungsi penyaring pembangunan karakter bangsa,” jelas Mbak Casytha.

Lebih lanjut, Mbak Casytha menjelaskan tentang bagaimana pola pembangunan karakter bangsa perlu dilakukan melalui penguatan 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi pondasi sebagai warga negara Indonesia.

Foto: Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

“Jadi 4 Pilar Kebangsaan yang dimaksud yaitu: pengukuhan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, pengukuhan nilai dan norma konstitusional Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, pembangunan komitmen kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan penguatan nilai-nilai keberagaman sesuai dengan konsepsi Bhinneka Tunggal Ika,” tambahnya.

Menutup kegiatan ini, para peserta diajak untuk tidak lupa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar Kebangsaan pada kehidupan sehari-hari.

Rilis Tim Media Casytha

Baca Juga :   BSPN Cabang Klaten Gelar Training of Trainer

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here