Kabupaten Wonogiri – Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang sehari-hari lebih dikenal akrab Mas Jekek membagikan seragam gratis untuk siswa baru SD dan SMP yang bersekolah diwilayah Wonogiri. Pembagian secara simbolis dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas, Jumat (18/09/2020).

Setiap siswa SD memperoleh tiga setel seragam jadi, meliputi putih-merah, batik-putih, dan pramuka. Total seragam yang diberikan sebanyak 27.255 setel seragam. Selain itu, diberikan juga kepada 10.522 siswa kelas VII SMP negeri. Masing-masing siswa mendapatkan tiga setelah kain bahan, meliputi putih-biru, batik-putih, dan pramuka. Total seragam yang diberikan sebanyak 31.566 setel.

Keseluruhan siswa yang terdaftar sebanyak 19.607 siswa, sedangkan jumlah seragam yang diberikan 58.821 setelan seragam.

“Pemberian seragam gratis ini baru kali pertama direalisasikan. Pasti ada dinamika. Kami akan mengevaluasi agar lebih baik lagi,” ujar Bupati sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan itu.

Mas Jekek menjelaskan anggaran untuk pengadaan seragram gratis tersebut sebesar Rp 9 miliar. anggaran untuk kebutuhan pokok di bidang pendidikan dan kesehatan tidak termasuk dana mandatori yang tertera di dalam Peraturan Menteri Keuangan no.35/PMK.07/2020. Pihaknya mengaku secara tegas mendorong agar program yang masuk dalam kualifikasi kebutuhan dasar tetap dilaksanakan.

“Pengadaan seragam gratis tetap diselenggarakan. Dana yang digunakan tidak masuk pada anggaran refocusing karna adanya Covid 19,” ujarnya.

Mas Jekek menegaskan program pemberian seragam gratis akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun.

Koresponden: Firas Febb

Baca Juga :   Sri Harjono dan Suprihatin Bagikan Sembako di Dapil 2 Kab. Karanganyar