Maknai Hari Pers Nasional, H.R Bambang Irawan: Momentum Membangun Kecerdasan Masyarakat

0
Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Purbalingga, H.R Bambang Irawan peringati Hari Pers Nasional

Kabupaten Purbalingga – H.R Bambang Irawan mengatakan peran media dan para jurnalis sebagai wadah komunikasi publik, banyak berjasa dalam mengiringi perjalanan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan H.R Bambang Irawan selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

“Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers terus memberikan manfaatnya bagi kemajuan bangsa, negara dan daerah kedepan,” ucap H.R Bambang Irawan.

H.R Bambang Irawan yang juga Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga mengatakan, peran pers sangat menentukan imaji masyarakat dalam memaknai informasi yang tersaji secara umum. Sehingga ia menganggap informasi yang diberikan harus lebih membangun dan mencerdaskan masyarakat.

“Sebagai lembaga kontrol sosial, pers harus mampu menjadi jembatan informasi yang terpercaya. Tidak hanya kebijakan pemerintah yang disajikan, namun pers juga dituntut menyuarakan apa yang menjadi aspirasi warga,” jelas Bambang Irawan.

Pers dituntut untuk lebih cekatan menangkal berita-berita yang disinformasi (hoax), disinilah peran pers memberikan penjernihan, membentuk fragmentasi sosial.

“Pers juga sangat diperlukan dalam menanamkan nilai gotong royong, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. apalagi saat ini banyak cobaan yang dihadapi bangsa indonesia,” urainya.

Salah satunya adalah pandemi Covid -19, di sini kekuatan masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Masyarakat diminta untuk saling mengingatkan, mendukung program pemerintah dengan mengikuti vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan.

“Apa yang diimbau pemerintah, tentu untuk keselamatan bersama. Pers memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, apalagi tema yang diusung di HPN tahun ini ‘Bangkit Dari Pandemi’,” pungkas Bambang Irawan.

Koresponden: Agung

Baca Juga :   Laskar Merah Putih Grobogan Siap Menangkan Sri-Bambang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here