Majukan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dodiek Pimpin Kunker ke Disdukcapil Kota Cirebon

0
Majukan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dodiek Pimpin Kunker ke Disdukcapil Kota Cirebon

Kabupaten Pekalongan,- Sebagai salah suatu bagian dari sistem percepatan pembangunan dalam suatu daerah, maka pencatatan data kependudukan merupakan komponen yang sangat vital. Sebab dari data kependudukan tersebut, akan dapat diperoleh gambaran yang akurat dan akuntabel mengenai kebutuhan pasti masyarakat pada suatu daerah. Dengan demikian, diharapkan pada saat akan menetapkan sebuah kebijakan, pemerintah akan lebih tepat dalam mengalokasikan sumber daya yang ada sesuai dengan kebutuhan di suatu daerah.

Berkaca pada realita yang ada mengenai hal tersebut, maka Komisi I DPRD Kabupaten Pekalongan mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Disdukcapil Kota Cirebon, Selasa (19/4/2022). Rombongan kunker dipimpin langsung Ketua Komisi I, Dodiek Prasetyo dari Fraksi PDI Perjuangan dan diterima oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Cirebon, Drs.H. Atang Hasan Dahlan.

Atang Hasan menjelaskan, bahwa kini Disdukcapil Kota Cirebon memiliki 3 inovasi, yakni pelayanan three in one dalam pencatatan perkawinan dan perceraian, pelayanan two in one dalam pelaporan pencatatan kematian, dan pelayanan keliling kelahiran (jempul bola).

“Ketiga inovasi tersebut dilakukan dalam rangka GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan).” ungkapnya.

Menurut Dodiek Prasetyo, inovasi-inovasi sangat penting guna memaksimalkan pelayanan pada administrasi kependudukan. Menurutnya, inovasi yang ada di Kota Cirebon begitu apik dan layak dicontoh ke Kabupaten Pekalongan ke depannya.

“Inovasi sangat penting seperti misal inovasi pelayanan akte kematian dan kelahiran, KIA, KK yang bekerjasama dengan Puskesmas, sehingga pencatatan Adminduk bisa berjalan dengan baik sesuai data yang riil. Ke depan, Kabupaten Pekalongan dapat mematangkan konsep yang ada,” kata Dodiek.

Ketua PAC Kesesi ini menambahkan bahwa untuk memajukan Kabupaten Pekalongan dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyatakat, pihaknya akan terus menggali inovasi dalam pelayanan publik. Bagi yang belum, untuk segera membuat prosedur operasional standar pelayanan administrasi kependudukan sesuai karakteristik masing-masing daerah sebagai pedoman dan acuan dalam pelayanan.

Baca Juga :   Bupati Klaten Resmikan Aplikasi Srikandi

Inovasi dilakukan dalam rangka mendukung pelayanan yang mudah, cepat dan gratis. Seperti pelayanan dokumen kependudukan 1 hari jadi, bayi pulang dari rumah sakit langsung mendapatkan akta kelahiran, SMS gateway, layanan online yang sebagian besar sudah diterapkan di Dinas Dukcapil.

Koresponden: Gus Santo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here