Kunjungi Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental, Husein Harap Ada Kemandirian Setelah Sembuh

0

Kabupaten Banyumas – Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banyumas, Erna Husein, mengunjungi Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Martini di Kec. Kroya Cilacap, Senin (24/10/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kab. Banyumas, dr. Arif Sugiyono mengatakan, sampai saat ini terdapat sebanyak 2.768 orang dengan gangguan jiwa berat yang sudah terdata pada Dinas Kesehatan Kab. Banyumas.

‘’Sementara itu, yang saat ini sedang direhab di RSPDM Martani sebanyak 83 orang dan 28 diantaranya berasal dari Kab. Banyumas,’’ jelasnya.

Foto: Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein.

Deengan mengangkat tema, ‘’World Mental Health Day’’, dr. Arif menjelaskan maksud dari tema tersebut adalah menjadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global atau mendunia.

‘’Harapannya, sinergitas antar lembaga dalam hal ini OPD terkait, rumah sakit, masyarakat, dalam penanganan ODGJ berat lebih optimal terkait dalam penanggulangan pemasungan, meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pinandakan dan kepedulian keluarga,’’ jelasnya.

Sementara itu, Bupati Husein, yang juga Kader PDI Perjuangan Banyumas berharap, para penerima manfaat yang saat ini berada di RSPDM Martini dapat kembali sembuh dan bisa bersosialisasi, serta bisa diterima oleh masyarakat.

‘’Nantinya, setelah keluar dari sini, para penerima manfaat untuk selalu dipantau, agar tidak kembali lagi dan didukung untuk kemandiriannya,’’ tuturnya.

Eka Suswantoro, salah satu penerima manfaat yang sudah sembuh dan saat ini sudah bekerja sebagai penunggu kantin sekolah dasar mengaku sangat menerima manfaat yang banyak setelah berada di RSPDM selama satu tahun.

‘’Harapannya, semoga kawan-kawan di sini nantinya setelah keluar dapat diterima oleh masyarakat dengan baik,’’ tutupnya.

Koresponden : Karsim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here