Kosim Fauzy Ubah Pulau Tirang Menjadi Kampung Wisata

0

Kota Tegal – Kampung Tirang merupakan sebuah kampung yang termasuk dalam wilayah Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, serta dihuni oleh 11 Kepala Keluarga (KK). Kampung Tirang, dahulunya merupakan sebuah pulau yang berawal dari pendaratan air laut atau tanah timbul. Hal ini disampaikan oleh Kosim Fauzy, salah satu jajaran PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tegal Barat, yang juga sebagai tokoh masyarakat di Kampung Tirang.

Kosim Fauzy mengatakan, awal mulanya penduduk sekitar, berprofesi sebagai nelayan Kampung Tirang, dengan mencari ikan menggunakan perahu kecil. Melalui sentuhan tangan dinginnya, Kosim bersama penduduk sekitar mengubah Kampung Tirang yang pernah dijadikan lokasi Syuting Film dokumenter, yang berjudul “Turah”, saat ini menjadi tempat wisata pesisir.

Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tegal Barat, Kosim Fauzy berhasil mengubah Pulau Tirang menjadi Kampung Wisata

“Saya bersama warga sekitar mencari solusi untuk bisa lepas dari belenggu kemiskinan, sehingga kami bergotong royong untuk membangun wisata pesisir, yang dikelola oleh kelompok masyarakat sekitar pulau Tirang. Saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Kota Tegal, serta Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, yang telah membantu kami dalam memperkuat kelompok wisata,” ujarnya.

Kosim berharap, Pemerintah, maupun pihak lain, dapat membantu dalam pembangunan wisata di Kampung Tirang. Kemarin, Ketua DPRD Kota Tegal mengusulkan, bahwa akan membentuk kelompok, agar masyarakat sekitar Kampung Tirang mendapat bantuan budidaya Bagang atau Kerang Hijau, sebagai tambahan penghasilan. Kosim juga mengajak kepada masyarakat, untuk mengunjugi Kampung Tirang. Sebab, disana pengunjung dapat berswafoto dan bersantai. Selain itu, ada hal yang beda di Kampung Tirang, yaitu untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung harus menyebrang dengan menggunakan perahu.

Koresponden : Bagus

Baca Juga :   Perkuat Partai, DPC PDI Perjuangan Sragen Gelar Rapat Pleno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here