Komitmen Bupati Afif Tingkatkan Daya Literasi Masyarakat

0
Foto: Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat

Kabupaten Wonosobo – Festival Literasi Wonosobo Pintar Tahun 2021 merupakan langkah positif dalam membangkitkan gairah kompetisi di tengah masyarakat. Harapannya, iklim kompetisi ini dapat terus berkembang baik di tengah masyarakat umum maupun pemerintah sehingga akan memacu produktivitas dan menciptakan inovasi baru yang bermanfaat secara luas. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, pada penyerahan hadiah lomba Festival Literasi Wonosobo Pintar tahun 2021 yang dilaksankan di Aula Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo, Senin (13/12/21).

Pada kesempatan itu, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, juga menyampaikan bahwa melalui Festival Literasi Wonosobo Pintar Tahun 2021, seluruh masyarakat Wonosobo dapat meningkatkan semangat literasi sehingga semakin teredukasi, utamanya para generasi muda penerus bangsa. Masyarakat yang teredukasi tentu akan mampu mengembangkan karakter diri sehingga mampu menjadi generasi emas penyokong kemajuan pembangunan bangsa.

Foto: Bupati Afif Serahkan Hadiah Lomba Festival Literasi Wonosobo Pintar

Bupati juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan sebuah sarana untuk menuangkan ide dan gagasan. “Gagasan ada, idenya ada, tapi kalau tidak pernah ada ruang yang diberikan oleh Arpusda maka ide dan gagasan itu tidak tersalurkan,” ungkap Bupati Afif.

“Sehingga dengan adanya lomba ini, Arpusda memberikan sebuah ruang untuk menuangkan sebuah gagasan, ide, inspirasi bahkan menuangkan sebuah inovasi yang masyarakat miliki. Karena yakin bahwa setiap kita ada potensi, tinggal potensi itu kapan dan kemana akan disalurkan,” terang Bupati Afif.

Bupati juga meyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba. Diharapkan semangat untuk menambah literasi ini dapat terus teralisasikan serta mampu menciptakan masyarakat yang mempunyai wawasan luas.

Terkait pemenang lomba Perpustakaan Desa, Bupati Afif juga menyampaikan keberhasilan kegiatan tersebut tidak lepas dari komitmen Kepala Desa, Perangkat Desa, dan yang tidak kalah penting adalah pendamping Perpustakaan Desa yang selalu intens membersamai tata kelolanya.

Baca Juga :   Mbak Eisti: Momentum Lahirnya Semangat Nasionalisme dan Berpikir

“Peran pendamping ini menjadi penting, ketika komitmennya sudah ada, SDM nya sudah ada, tapi kalau tata kelolanya tidak ditemani, dibimbing dan dibina maka komitmen itu tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu kepada para pendamping perpustakaan desa saya ucapkan terima kasih,” pungkas Bupati Afif.

Koresponden : Hildan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here