Kolaborasi Yunianto dan Intan Mengkonservasi Tata Nilai

0
Foto: Yunianto dan Intan Kurniasari Kompak Hadiri Acara Pagelaran Seni

Kabupaten Temanggung – Ketua dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Temanggung kompak bersinergi guna mengkonservasi tata nilai masyarakat. Kali ini, Yunianto dan Intan Kurniasari menghadiri acara Akhirusannah Majelis Taklim di Desa Plumbon, Kecamatan Selopampang, Selasa (22/3/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Plumbon, Forkopimcam Selopampang, Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Faqih Normansyah, dan tokoh masyarakat setempat.

Foto: Yunianto Dorong Masyarakat Melestarikan Budaya Adiluhung Bangsa Indonesia

Yunianto mengatakan jikalau kegiatan tersebut diinisiasi oleh Wakil Ketua Bidang Rekrutmen dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sofwan D Ardyanto sebagai langkah strategis menjaga tata nilai masyarakat di era liberalisasi yang semakin gencar terjadi degradasi moral.

“Siangnya ada acara religius, kemudian malamnya dilanjutkan dengan pentas kesenian. Kombinasi ini diinisiasi langsung oleh Bapak Sofwan D Ardyanto sebagai langkah menjaga tata nilai. Pengajian itu masuk kategori nilai kerohanian, kemudian pentas seni adalah refleksi nilai estetika. Nilai-nilai ini kita harapkan jangan sampai terdegradasi dalam setiap sendi kehidupan masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan jikalau pagelaran kesenian ini juga ditujukan untuk memberikan ruang akomodatif terhadap seniman di Temanggung. Ketika pelaku seni merasa terfasilitasi, maka menurutnya pelestarian local wisdom berbentuk tarian tradisional ini akan lebih mudah dilaksanakan.

“Ini adalah ruang untuk pegiat seni menampilkan kemahirannya. Ketika mereka terfasilitasi secara optimal, maka akan timbul rasa partisipatif, yakni mereka mau menjadi agen konservasi budaya berwujud tarian tradisional tersebut. Pada intinya, mari kita bergotong royong melestarikan budaya adiluhung, hal ini adalah jati diri kita, identitas bangsa Indonesia,” lanjut Yunianto.

Seusai acara, Intan Kurniasari menegaskan jika DPC PDI Perjuangan Temanggung berkomitmen untuk hadir di tengah masyarakat dengan program yang konkret dan realistis. Ke depan, ia menjelaskan jikalau setiap aspek kehidupan masyarakat akan disentuh oleh Partai melalui program terintegrasi.

Baca Juga :   Hadiri Musrenbang, Bondan Sampaikan Pokir Hasil Reses Anggota DPRD

“Bukan hanya pembangunan fisik yang kita lakukan. Aspek pemberdayaan masyarakat juga diperhatikan oleh Partai. Hari ini melalui peningkatan religiusitas masyarakat dan tarian tradisional. Ke depannya kita harus masuk ke setiap sektor dan membuktikan bahwa PDI Perjuangan benar-benar hadir untuk masyarakat,” pungkasnya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here