KJ Ukas Bangun Kemandirian Ekonomi Melalui Usaha Pertukangan

0
Foto: KJ Ukas Bangun Kemandirian Ekonomi Melalui Usaha Pertukangan

Kabupaten Kebumen – Muh. Muklasin merupakan Kader Korps Komunitas Juang Kab. Kebumen Angkatan 6 yang memiliki langkah konkret dalam mengaktualisasikan misi Korps, yakni meningkatkan Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas. Di usianya yang cukup terbilang muda, sosok yang kerap disapa Ukas ini mendirikan usaha sendiri guna menciptakan kemandirian ekonomi.

Sosok Ukas merupakan kader yang berani untuk keluar dari zona nyaman. Bagaimanapun juga, pemuda saat ini pada faktanya memiliki tantangan tersendiri guna menciptakan tata kehidupan yang lebih baik. Untuk itu, berwirausaha adalah jawaban tepat guna menciptakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.

Foto: KJ Ukas Bangun Kemandirian Ekonomi Melalui Usaha Pertukangan

Sosok Ukas ini menggeluti usaha di bidang pertukangan. Hal ini ia lakukan setelah mengamati tingginya permintaan pasar terhadap komoditas kayu. Karena pemasok belum mampu untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat, maka Ukas melihat ini sebagai peluang untuk mengembangkan usaha. Adapun tempa usaha yang digelutinya ini berlokasi di di Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian.

“Pemuda harus cakap untuk mencari peluang usaha. Di bidang konstruksi bangunan misalnya, kebutuhan terhadap kayu belum terakomodir. Untuk itu saya melihat hal ini sebagai peluang dalam rangka menciptakan kemandirian ekonomi,” ungkap Ukas. Minggu, (24/10/2021)

Ukas juga mengungkapkan bahwasanya untuk mendirikan sebuah usaha juga mesti memperhatikan hal lain yang berimplikasi langsung terhadap konsumen. Pemilihan tempat yang strategis serta mudah dijangkau akan membuat masyarakat lebih mengetahui produk yang diciptakan. Untuk itu, seseorang yang mau mencoba memulai usaha tentu juga mesti memperhatikan hal ini.

Berbagai macam produk telah diciptakan oleh Ukas melalui usahanya pembuatan kusen, pintu, lemari, kursi, meja, dsb. Belum lama ini, sosok Ukas juga mendapat kepercayaan untuk memperbaiki atap kantor DPC PDI Perjuangan Kebumen yang bocor. Guna mengembangkan ekonomi berbasis kerakyatan, dirinya juga membangun kerjasama dengan Pengurus Ranting Desa Tanuharjo untuk membantunya.

Baca Juga :   Sri Sumarni Inginkan Grobogan Zero Kasus Stunting di Tahun 2026

Hal yang dilakukan oleh Ukas ini senada dengan amanah pidato yang disampaikan oleh Saiful Hadi, Ketua DPC sekaligus Mentor Juang Korps Kab. Kebumen beberapa waktu yang lalu. “KJ harus memiliki kemandirian ekonomi, salah satunya dengan berwirausaha karena menjadi pengusaha di usia muda sangat bagus. Sebagai generasi penerus bangsa tentu harus senantiasa menebar manfaat dengan sesama”, ungkap Saiful Hadi.

Koresponden: Sofian Aniffudin.S.E

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here