Kisah Sukses Maryanti Usaha Sapu Ijuk

0
Foto: Maryati Kader PDI Perjuangan Ranting Banaran

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka meningkatkan taraf hidup, serta memenuhi kebutuhan keluarga. Maryati (48) kader PDI Perjuangan Ranting Banaran, Kecamatan Gemawang merintis usaha sapu ijuk yang sudah berjalan selama 20 tahun.

Maryati bercerita, usaha yang ditekuni merupakan hasil potensi lokal atau disekitar kemudian dikembangkan menjadi nilai jual dan bernilai. Selama menjalankan usahanya, ia mendapatkan omzet yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan rumah tangganya.

“Bagi kami, prioritas utama dalam menjalankan usaha ini adalah dalam rangka mebentuk kemandirian ekonomi, setidaknya dapat memenuhi kebutuhan pokok keluarga dengan mengoptimalisasi segala potensi daerah. Terkadang juga mengalami kenaikan permintaan, tentu juga akan berimplikasi terhadap terbentuknya sebuah aset, bahkan menjadi tabungan bagi kamu untuk masa depan,” kata Maryati ditemui di kediamannya, Senin (26/4/2021).

Maryanti mengelola usaha sapu ijuk secara mandiri agar menekan biaya produksi yang dikeluarkan. Untuk keperluan bahan, ia membeli langsung dari petani pohon aren agar sama-sama memberdayakan ekonomi. Dengan kemampuan supernya, Maryanti merubah batang pohon aren menjadi sapu ijuk untuk membersihkan rumah.

 Sapu ijuk yang diproduksi, diminati masyarakat di wilayah Kabupaten Temanggung. Maryati juga mengirim hasil produksinya ini ke berbagai daerah di Pulau Jawa. Adapun potensi pemasaran paling besar dari sapu ijuk buatannya ini adalah Jakarta, Surabaya, Tangerang, Bekasi, Bogor, dan Depok.

Kini Maryati memiliki tantangan dalam dinamika pasar yang ketat, sehingga usahanya harus melakukan adaptasi. Akan tetapi, semangat dalam mewujudkan kemandrian eknomi tidak menutupi prosesnya. Apapun tantanganya dan rintanganya harus diselesaikan dengan menguatkan kreativitas, inovasi, serta networking yang luas.

Koresponden: Enggar dan Zidan

Baca Juga :   Buka TMMD Reguler Tahun 2021, Bupati Etik: Saya Berharap Kesejahteraan di Daerah Meningkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here