Kampung Marhaen Kabupaten Magelang

0

Kabupaten Magelang – Di Kab. Magelang terdapat salah satu desa yang dikenal dengan nama Kampung Marhaen. Pasalnya desa ini menjadi salah satu basis kekuatan dari PDI Perjuangan di Kab. Magelang.

Kampung Marhaen ini tepatnya berada di Desa Ngadiharjo, Kec. Borobudur dan telah secara resmi mendapat julukan sebagai Kampung Marhaen. Kampung Marhaen ini diresmikan pada tanggal 30 Juni 2014 silam. Lokasi Kampung Marhaen ini pun tidak jauh dari kawasan wisata Candi Borobudur.

Kampung Marhaen ini merupakan yang pertama di Indonesia, wilayah tersebut terdiri dari 8 dusun dengan total sekitar 1620 Kepala Keluarga. Lokasi tersebut dicanangkan pertama kalinya oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Magelang Saryan Adiyanto, dan langsung mendapatkan pengarahan dari Puan Maharani.

Salah satu tokoh Marhaen setempat, Wahyu Sariyanto mengungkapkan, bahwa Desa Ngadiharjo juga merupakan basis kekuatan PDI Perjuangan untuk dapat menguasai Kec. Borobudur. Hal tersebut karena adanya peran dari para pengurus Ranting dan simpatisan. Mereka bergerak solid untuk memenangkan tiap gelaran kontestasi politik di wilayah tersebut.

“Misalnya pada Pemilu 2014 dan 2019 menjadi urutan pertama perolehan suara terbanyak se-Kec. Borobudur. Dimana pada Pemilu tahun 2019 perolehan suara PDI Perjuangan mencapai 82% sendiri pada satu desanya,” ungkap Wahyu.

Karena kesuseksan tersebut, Kampung Marhaen menjadi lebih populer di kalangan desa-desa yang ada di Kab. Magelang. Seluruh masyarakat setempat berharap agar sinergitas antara kader Partai yang berada di pemerintahan dan di wilayah dapat lebih solid.

 Koresponden : Danang

Baca Juga :   Wujud Kepedulian Aria Bima untuk Warga Klaten