Kader PDI Perjuangan Banyumas Rintis Budidaya Cabai Hijau

0

Kabupaten Banyumas – Awal tahun 2020 ini kader PDI Perjuangan Banyumas yang juga sebagai Ketua PAC Purwokerto Utara, yakni Rustam merintis usaha budidaya cabai hijau. Hal ini dilakukan sebagai jalan hidupnya untuk menghidupi keluarga dan bermanfaat kepada masyarakat sekitar.

Rustam juga dikenal sebagai kader militan Partai dan sebagai pelaku sejarah atas proses tumbuh kembang PDI Perjuangan di Kab. Banyumas. Meski merintis usaha seperti ini tidak memperoleh gaji, bahkan memberi sedikit rejeki kepada orang lain, Rustam tetap semangat dan konsisten pada proses hidup ini. Dalam mengawali karir ini, dirinya melakukan penanaman cabai sebanyak 3.750 pohon di lahan seluas 137 ubin.

Merintis usaha ini memang sulit dan tidak mudah, berbagai faktor tentunya mewarnai berbagai langkah di dalamnya. Motivasi yang menjadikan Rustam tetap semangat dan konsisten adalah keinginannya untuk mewujudkan Tri Sakti Bung Karno, yang salah satunya adalah berdikari dalam bidang ekonomi. Ketika mempelajari awal mula tentang budidaya cabai hingga akhirnya melakukan eksperimen tentang cabai hijau ini tidaklah singkat.

Kemudian, setelah memperoleh hasil yang dikehendaki, Rustam memutuskan untuk memilih menggeluti budidaya cabai hijau ini. Untuk mempertahankan kualitas yang telah dihasilkan, dirinya tidak lantas berpuas diri dengan hasil eksperimen tersebut. Sebagai alternatif untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang budidaya cabai, dirinya juga berusaha menggali informasi dari berbagai ruang; baik teman, buku hingga internet.

Setelah memantapkan diri untuk terus membudidaya cabai hijau, perlahan Rustam dapat merasakan hasil kerja kerasnya selama ini. Terbukti, ketika musim panen datang, banyak pesanan pasar yang berdatangan. Setelah hal ini berlangsung dengan kurun waktu terus-menerus dalam jangka panjang, akhirnya dirinya memutuskan untuk berusaha melebarkan pemasaran usahanya.

Baca Juga :   Pekerja Informal di Kebumen Bakal Terima BLT di Tengah Kebijakan PPKM Darurat

Untuk meminimalisir turunnya harga di pasaran, dirinya berupaya untuk menekan harga produksi lebih rendah, namun kualitas hasil panen tetap sama. Hal yang coba dilakukannya adalah dengan menggunakan pupuk kandang selama 5 hari dalam satu minggu. Sehingga dengan begitu, cabai diharapkan akan berbuah maksimal dan ongkos produksi dapat ditekan untuk dialihkan kepada kebutuhan lain.

“Pengalaman lain yang menjadikan saya banyak belajar tentang tanaman cabai hijau adalah pada pembasmian hama. Dahulu saya sempat salah langkah, hingga akhirnya menjual sepeda motor saya hanya untuk bisa membeli pupuk serta kebutuhan ketersediaan air. Saya disini paham, bahwa pengalaman itu mahal harganya, sehingga jadilah petani yang ulet dan tlaten,” ungkapnya.

Rustam memiliki ideologi dan keyakinan yang kuat, hal ini yang akhirnya menjadikan tiap kepercayaan datang kepadanya, salah satunya adalah amanah sebagai Ketua PAC PDI Perjuangan di Kec. Purwokerto Utara. Meski demikian, dirinya tetap dapat bergerak dan menghasilkan berbagai capaian baik dalam tiap bidangnya.

Penulis: Egar