Kader Komunitas Juang Magelang Berdayakan Ikan Louhan

0

Kabupaten Magelang – Irfan Fada Pramusa salah satu kader Komunitas Juang Kab. Magelang yang lebih tepatnya berasal dari Desa Keji, Kec. Muntilan, kini sibuk merawat ikan hias Louhan. Fada yang masih duduk di bangku SMK ini mampu menaikkan harga Louhan miliknya melalui kontes ikan hias di beberapa daerah.

Bermula dari hobi koleksi ikan hias, Fada sudah bisa menjual puluhan ekor Louhan yang memiliki kualitas premium. Fada mengatakan, meskipun pada pandemi seperti saat ini bukan berarti harus terdiam, melainkan harus tetap produktif. Lebih lanjut, hal ini justru harus semakin memberi motivasi lebih untuk kemudian menyiapkan tiap ikan yang dimilikinya untuk mengikuti kontes nantinya.

Jenong namanya, salah satu ikan Louhan yang menjadi primadona Fada ini telah dilirik oleh tiap kalangan pengusaha yang tersebar di Kab. Magelang. Dengan sisik mutiara rapi dan keaktifannya, serta dikuatkan oleh kepercayaan masyarakat tentang mitos keberuntungan ketika memelihara ikan Louhan inilah yang kemudian memberi nilai tambah.

“Ikan Louhan saya ini sudah di tawar 6 juta, akan tetapi saya tolak. Karena menurut saya, ikan ini berbeda, Jenong sudah beberapa kali memenangkan kontes ikan hias di berbagai daerah. Saya juga telah merawat ini dari kecil, sehingga hal ini yang menjadikan saya makin berat untuk menjualnya,” ujarnya.

Meskipun masih memiliki kesibukan sebagai pelajar, Fada tetap bersemangat untuk memberdayakan ikan Louhan ini dan berharap usahanya dapat terus berkembang.

Koresponden: Danang

Baca Juga :   Mas Hendi Sambut Keluarga Besar NU se-Jawa Tengah di Balaikota Semarang