‘Jateng’ Kandang Banteng, Kedekatan Emosional, dan DPT Besar

0
Jateng
Foto: Kader Muda PDI Perjuangan Jateng Ikut Hadir dalam Acara Rapat Internal TKD Ganjar-Mahfud di GOR Jatidiri, Kota Semarang (04/11/2023)

Kota Semarang – Pasangan Capres-cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menghadiri acara Rapat Internal bersama Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Tengah (Jateng) di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Sabtu (04/11/2023). Adapun acara tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan partai politik tingkat pusat, seperti Ketua DPP PDI Perjuangan Mbak Puan Maharani, Ketua TPN Arsjad Rasjid, anggota fraksi dari Partai politik pengusung, hingga berabagi elemen masyarakat seperti buruh, petani, nelayan, millennial dan Gen Z, guru, seniman, serta budayawan.

Rapat internal di Jateng ini menjadi sangat menarik ketika dikaji lebih dalam. Pertama, Jateng merupakan daerah yang identik dengan predikat ‘Kandang Banteng’. Ganjar-Mahfud sendiri merupakan pasangan capres-cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan. Dengan demikian, dipastikan seluruh kader Partai berlambang banteng moncong putih itu akan bergerak all out dalam memenangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Foto: Antusiasme Anak Muda (Millennial dan Gen Z) Mengikuti Acara Rapat Internal Bersama TKD Ganjar-Mahfud di GOR Jatidiri, Kota Semarang (04/11/2023)

Bahkan, Bendahara DPD PDI Perjuangan Jateng yang juga merupakan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, S.S., M.M dalam pertemuan seluruh Caleg PDI Perjuangan Dapil Jateng di Panti Marhaen (28/10) mengatakan jika Pileg dan Pilpres adalah satu-kesatuan perjuangan politik. Seluruh mesin Partai siap untuk terlibat aktif dalam pemenangan pilpres, tentu dibarengi dengan gerak langkah dari relawan dan simpatisan.

“Kalau kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Pak Utut Adianto, dua kali beliau mengatakan kepada saya, bahwa kita harus membuat Pileg 2024 yang akan memberikan efek coattail terhadap Pilpres. Semua harus bergotong-royong. Kita berpikir bahwa kita harus berada dalam satu rampak barisan untuk mewujudkan pemenangan Pilpres 2024,” ujarnya saat itu.

Kedua, Jateng merupakan wilayah yang mempunyai kedekatan emosional dengan Ganjar. Ia pernah menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Jateng dan merupakan mantan Gubernur Jateng dua periode. Berdasarkan biografinya, Ganjar sendiri dilahirkan di Karanganyar, kemudian pernah dibesarkan di Kutoarjo, Purworejo. Istrinya, Siti Atikoh Supriyanti merupakan orang Purbalingga. Dengan demikian, kedekatan Ganjar dengan JJateng sudah tidak diragukan lagi. 

Ketiga, berdasarkan data dari KPU, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jateng adalah 28.289.413 jiwa. Data ini menempatkan Jateng sebagai provinsi dengan jumlah DPT terbesar nomor tiga di Indonesia. Jumlah pemilih yang besar ditambah mempunyai julukan Kandang Banteng dan kedekatan langsung dengan Ganjar dipastikan bakal menjadi modal khusus untuk Ganjar-Mahfud untuk memimpin bangsa Indonesia ke depan.

Tim Editor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here