Kabupaten Purbalingga – Sektor perekonomian, terutama Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) perlu memanfaatkan keberadaan digital marketing untuk memasarkan produknya. Saat ini, keberadaan digital marketing menjadi salah satu kunci untuk mendukung kesuksesan sektor tersebut.
“Digital marketing memiliki banyak kelebihan, diantaranya, hemat biaya, tidak memerlukan banyak SDM penjualan, tim pemasaran tidak terjun ke lapangan, potensi pertumbuhan yang bagus, penyebaran cepat, serta mudah melakukan evaluasi. Saya mendorong, agar pelaku UMKM memanfaatkannya. Tentu, dengan difasilitasi dan pendampingan dari Pemkab,” tutur HR Bambang Irawan, saat menjadi menjadi narasumber dalam webinar literasi digital “Ngobrol Bareng Legislator”, yang diselenggarakan oleh DPR RI dan Kementerian Kominfo RI, Kamis (2/3/2023).
Dalam acara yang mengambil tema “Belajar Teknik Pemasaran Online” tersebut, HR Bambang Irawan menjelaskan mengenai Peran Digital Marketing dalam pengembangan perekonomian, terutama sektor UMKM. Menurutnya, di era digitalisasi informasi, pengguaan internet sudah merupakan kebutuhan.
“Tercatat, di awal tahun 2023, berdasarkan laporan dalam datareportal.com, jumlah penduduk Indonesia mencapai 276,4 juta, di mana 77% atau 212,9 juta merupakan pengguna internet. Terdapat 353,8 juta perangkat mobile yang terhubung dengan internet. Hal ini berarti, ada 128% orang Indonesia yang menggunakan gadget lebih dari satu buah,” imbuh HR Bambang Irawan, yang juga Ketua DPC PDI P Kab.Purbalingga.
Platform digital yang memiliki potensi untuk mengembangkan digital marketing, diantaranya, berbagai platform media sosial yang semakin dikenal oleh masyarakat, seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya. Di sisi lain, pihaknya terus mendorong dan memberikan dukungan kepada Pemkab Purbalingga menggagas berbagai kebijakan digital marketing untuk mendorong digitalisasi ekonomi dan sektor UMKM.
“Berbagai program telah diluncurkan, seperti Tuka Tuka yang bekerjasama dengan PT. Bukalapak, program ‘Jujag Jujug’ dan dukungan kepada Kampung Marketer. Kami dukung penuh ini,” tegasnya.
Webinar tersebut diikuti 250 peserta melalui zoom meeting. Tiga narasumber lain yang juga hadir masing-masing adalah Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto, Samuel Abrijani P, B.Sc, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Samuel Abrijani, serta Vice President PT. Indosat Ooredoo, Heny Tri Purnaningsih.
Koresponden : Budi Agung P