Hetty Purwani Dorong Kebangkitan Seni dan Ekonomi

0
Foto: Hetty Purwani Kunjungi Sanggar Seni Saraswati

Kabupaten Klaten – Hetty Purwani menghadiri peresmian kantor sekretariat Sanggar Seni Saraswati yang sekaligus launching Tarian Bhayangkara Nusantara yang berlokasi di Pendopo Joglo Kandang, Dukuh Bekelan, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kamis (31/2/2022).

Acara tersebut turut dihadir Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten, Camat Karangnongko, Lurah Bekelan dan tamu undangan lainya.

Peresmian kantor sekretariat Sanggar Seni Saraswati Karangnongko ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Kepala Disbudporapar Klaten. Tari Bhayangkara Nusantara, Wiyono adalah buah karya Sanggar Seni Budaya Saraswati, tujuannya untuk menanamkan jiwa dan semamgat nasionalisme di kalangan masyarakat, terutama generasi muda.

Hetty Purwani yang sebagai Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM DPC PDI Perjuangan Kabupaten Klaten mengatakan sudah banyak kegiatan seni budaya seperti tari, wayang, pedalangan, karawitan, dan sebagainya yang sudah diakomodir oleh Sanggar Seni Saraswati tersebut. Pembentukan sanggar seni seperti ini merupakan peran penting dalam pembentukan desa ramah budaya dan ramah wisata.

“Sudah banyak kegiatan seni budaya yang terakomodir oleh Sanggar Seni Saraswati. Terciptanya sanggar tari tersebut menjadi peran penting untuk desa ramah budaya dan ramah wisata, tidak hanya kesenian saja tetapi juga bagaimana sanggar tari ini berjalan dengan baik di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Hetty menambahkan jikalau Sanggar Seni Saraswati ini sudah memiliki Badan Hukum dari Kemenkumham RI, yaitu AHU-0017357-AH.01.07 Tahun 2017. Di sisi lain, sanggar ini juga memiliki UMKM dari warga Kecamatan Karangnongko.

Adapun usaha para pelaku UMKM di bawah naungan atau pendampingan Sanggar Seni Saraswati ini antara lain dalam bidang pakaian, minuman herbal, kripik, dan lain lain. Salah satu contohnya adalah madu ekstrak cacing yang sudah difermentasi. Diharapkan ke depan para seniman yang beberapa tahun terakhir terdampak Pandemi Covid-19 dapat kembali memiliki kemandirian ekonomi dengan adanya even pagelaran seni dan UMKM binaan ini.

Baca Juga :   Puan: Permudah Masyarakat Mudik dengan Percepat Vaksinasi Covid-19

Koresponden : Rama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here