Hari Literasi Internasional, Momentum Meningkatkan Aspek Pendidikan

0
Foto: Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Temanggung, Dwi Sulistyowati

Kabupaten Temanggung – Momentum 8 September merupakan hal yang memiliki nilai progresivitas terhadap dunia pendidikan. Setiap tahunnya, Hari Literasi Internasional diperingati dalam momentum tersebut guna memperbaiki realitas aspek pendidikan, utamanya berkaitan dengan konsepsi cita-cita kemerdekaan, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal inilah yang kemudian diungkapkan oleh Dwi Sulistyowati, selaku anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Temanggung, bahwa hal ini dapat membentuk social climbing guna terwujudnya karakter, kompetensi, serta kapasitas dalam menghadapi era globalisasi yang kian kompetitif, Rabu (08/09/2021).

“Selaku kader PDI Perjuangan, kami senantiasa terus memberikan kontribusi pada masyarakat, termasuk dalam dunia pendidikan. Eksistensi Hari Literasi Internasional ini mesti disikapi secara komprehensif dan holistik, termasuk dari sisi Legislatif. Kami terus melakukan pembenahan terkait dunia pendidikan sehingga hak mendasar tersebut dapat diterima secara optimal oleh generasi muda,” ungkap Dwi Sulistyowati saat ditemui di kediamannya.

Lebih lanjut, sosok Dwi Sulistyowati tersebut juga mengharapkan adanya partisipasi aktif dari generasi muda dalam rangka peningkatan kapasitas literasi yang kini mulai redup terdestruksi zaman.

Bagaimanapun juga, eksistensi pemuda adalah agent of change, iron stock, dan social control dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, pemuda ini mesti mampu memberikan kontribusi positif dan progresif dalam meningkatkan dunia pendidikan.

“Sepuluh pemuda dalam konsepsi Soekarnois mempunyai kekuatan untuk mengguncangkan dunia. Oleh karenanya, dunia pendidikan ini mesti kita perbaiki dengan memperhatikan aspek partisipatif. Kolaborasi aksi dengan pemuda dalam meningkatkan daya literasi masyarakat tentunya bisa kita aktualisasikan dengan skema yang integratif. Salah satunya bisa melalui optimalisasi platform digital dengan konten yang informatif dan edukatif,” pungkasnya.

Koresponden: Enggar – Zidan

Baca Juga :   Buka Musancab PAC Kertek, Bambang Kusriyanto Serukan Perkuat Barisan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here