Hadiri Panen Raya Udang Vaname, Riswadi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Pembudidaya

0
Foto: Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi Hadiri Acara Panen Raya Udang Vaname

Kabupaten Pekalongan – Situasi Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, tidak menyurutkan semangat kelompok tani di Desa Depok, Kecamatan Siwalan untuk tetap melaksanakan budidaya Udang Vaname.

Hal tersebut dibuktikan dengan telah berhasilnya dilakukan panen raya udang Vaname oleh kelompok tani Desa Depok yang bernama Depok Vaname, Kamis (22/7/2021).

Foto: Riswadi Melihatkan Hasil Panen Udang Vanem

Acara panen raya udang vaname tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan, Sirhan dan para anggota serta pengurus Gapoktan Depok Vaname.

Dikatakan Riswadi saat hadir dalam kegiatan tersebut, bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Pekalongan, pihaknya sangat mengapresiasi kelompok tani Depok Vaname yang telah cukup berhasil dalam melakukan budidaya udang vaname dengan hasil panen yang sangat memadai.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa budidaya udang vaname ini menjadi salah satu terobosan untuk tetap bangkit walaupun saat ini situasi masih serba sulit karena pandemi Covid-19. Sehingga diharapkan masyarakat di daerah lain bisa mencontoh supaya tetap bisa bertahan di tengah pandemi.

“Hari ini kami melakukan peninjauan salah satu kelompok tani nelayan yang melakukan panen udang panamnya di Desa Depok, Kecamatan Siwalan yang mana ini adalah salah satu kelompok tani yang berhasil,” ungkapnya.

Riswadi menyebut, dengan semangat kelompok tani Depok Vaname ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan memberikan bantuan  supaya masyarakat Desa Depok dan sekitarnya mampu memanfaatkan rawa-rawa sebagai sarana budidaya udang vaname. Sehingga diharapkan bisa menaikan pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Pekalongan.

Selain itu, dalam panen raya udang vaname tersebut, Ketua Gapoktan Depok Vaname Leman mengungkapkan, bahwa untuk bisa berhasil melakukan budidaya udang vaname, Gapoktan Depok Vaname telah melakukan berbagai tahapan budidaya, mulai dari persiapan sampai tahap akhir yaitu pemanenan yang diungkapkan olehnya itu tidaklah mudah.

Baca Juga :   Bagus Selo Lakukan Blusukan di Matesih dan Tawangmangu

Apalagi, menurut Leman, berbagai keterbatasan yang ada seperti kekurangan pembiayaan menjadi salah satu faktor penghambat kesuksesan budidaya udang vaname, mengingat modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Untuk itu, Leman berharap Pemkab Pekalongan bisa benar-benar membantu Gapoktan Depok Vaname untuk bisa tetap melakukan budidaya udang vaname di Desa Depok Kecamatan Siwalan.

Koresponden : Moes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here