Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Diskominfo Cilacap, Taufik: Indonesia Kaya Akan Kesenian Budaya

0

Kabupaten Cilacap – Dalam melestarikan kesenian tradisional, Ketua DPRD Kab. Cilacap, Taufik Nurhidayat menghadiri pagelaran wayang kulit Dalang Ki Sumartono Wahyu Carito yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Cilacap bersama Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kab. Cilacap, di halaman Kantor Kecamatan Cilacap Selatan, Sabtu (3/12/2022).

Kesenian wayang kulit merupakan salah satu budaya Indonesia, seperti yang disampaikan Taufik Nurhidayat, bahwa untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia, masyarakat harus menjaga dan menyenanginya. Indonesia kaya akan kesenian dan budaya, banyak beragam kekayaan budaya yang ada di Indonesia yang berasal dari berbagai suku di setiap daerah.

Pagelaran wayang kulit Dalang Ki Sumartono Wahyu Carito yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Cilacap.

“Di sini salah satu kesenian budaya Indonesia yang dikenal dunia, yaitu wayang kulit. Di dalam wayang kulit terdapat cerita legenda, cerita sejarah perwayangan dari Bumi Pertiwi yang patut kita ketahui, kita lestarikan, agar kesenian ini selalu ada di Indonesia,” tutur Taufik Nurhidayat, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Cilacap.

Taufik Nurhidayat juga menghimbau kepada para orangtua, serta guru, agar generasi Milenial lebih dikenalkan kesenian budaya Indonesia. Karena selama ini pihaknya melihat generasi milenial lebih menyukai budaya asing, meniru gaya, serta kebiasaan mereka.

“Padahal kesenian dan budaya kita jauh lebih bagus. Hanya saja kurang disosialisasikan kepada anak-anak kita,” ungkapnya.

Ditambahkan Taufik Nurhidayat, pagelaran wayang kulit perlu diadakan sesering mungkin. Saat ini, sangat jarang masyarakat melihat pagelaran wayang kulit. Jangan sampai kesenian budaya bangsa tergerus oleh budaya asing yang merasuki jiwa anak-anak muda.

“Selain itu, dengan menggelar wayang kulit atau kesenian daerah lainnya, bisa menjadikan pemasukan ekonomi bagi para pelaku seni yang selama ini libur panjang karena adanya Pandemi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Rober: Kelompok Strategis Harus Dibina Melalui Koperasi

Koresponden : Arsend

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here