Giat Diskusi Buka Cakrawala Pemuda di Banjarnegara

1
Foto: Giat DIskusi Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah

Kabupaten Banjarnegara – Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah secara berkala melakukan pendidikan wawasan kebangsaan dan bela negara.

Pada Kamis (19/11/2020) kegiatan digelar di Aula Balai Desa Pekandangan, Banjarmangu, Kab. Banjarnegara dan diikuti 50 pemuda dan kader PDI Perjuangan PAC Banjarmangu. Hadir sebagai pemateri, Sugeng Wibawa Mentor Juang (MJ) Komunitas Juang Jawa Tengah dan Hj. Sri Ruwiyati selaku Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Foto: Peserta Diskusi Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

MJ Sugeng Wibawa pada kesempatan ini menyampaikan, generasi muda harus memahami kondisi bangsa dan negara sehingga tidak mudah tersulut provokaksi. Menurutnya, negara Indonesia yang begitu luas dan memiliki beragam budaya dan suku bangsa tentu masalah yang dihadapi semakin besar pula. 

Bangsa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke itu terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya, dan agama adalah merupakan satu kesatuan yang utuh. Disatukan oleh Pancasila dan UUD 1946 sebagai dasar hukum.

“Kita sebagai generasi muda harus dapat memahami hal ini secara luas. Ingat, bahwa NKRI berdasar Pancasila adalah sudah final,” kata MJ Sugeng.

Hj. Sri Ruwiyati menambahkan, generasi muda diharapkan mampu bersinergi dengan berbagai lini sehingga akan tercipta pemuda yang tangguh dan memiliki kwalitas, dedikasi dan aktif. Pemuda harus aktif, disiplin dan mengetahui perkembangan zaman. Sehingga memiliki kualitas, kapabilitas untuk maju dan berkembang, terlebih di era digitalisasi sekarang ini, segala sumber informasi dengan mudah diakses.

Koresponden : Krisna

Baca Juga :   Komunitas Juang Kabupaten Tegal Selenggarakan Mentoring Kepada CKJ

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here