Gelar Reses, Wawan Yuwandha Bagikan Alkes di Kecamatan Kebasen

0

Kabupaten Banyumas – Dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Banyumas, Wawan Yuwandha, S.P., menggelar Reses Masa Persidangan II Tahun 2022. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Posyandu dan Bidan Desa yang berada di Kecamatan Kebasen, perwakilan Puskesmas Kebasen, Camat Kebasen, Kapolsek dan Danramil Kebasen, diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Kebasen, Sabtu (15/1/2022).

Dalam giat tersebut, Wawan, yang juga Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kebasen menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan dalam menangani Pandemi Covid-19. Wawan juga mengajak kepada semua yang hadir untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Rangkaian kegiatan Reses yang diselenggarakan oleh Wawan Yuwandha di Kecamatan Kebasen

“Bidan desa dan Posyandu merupakan garda terdepan dalam penanganan kesehatan masyarakat, yang bertugas untuk memberikan edukasi, serta deteksi dini terkait kondisi kesehatan masyarakat, misalnya, persoalan gizi buruk (stunting), ibu hamil resiko tinggi, serta kondisi kesehatan lansia,” tutur Wawan Yuwandha, yang juga KomandanTe Bintang 2 Kab. Banyumas.

Wawan menambahkan, dalam penanganan stunting, Pemerintah melalui program bantuan pangan, salah satunya adalah memberikan gizi yang cukup dan seimbang bagi masyarakat. Wawan berharap, masyarakat dapat berperan aktif untuk ikut serta dalam pengawasan. Sebab, beberapa kali ditemukan kasus bahan pangan kurang mutu. Pengawasan oleh masyarakat akan jauh lebih efektif dalam mengubah mental seluruh stakeholder yang terlibat.

“Pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Kebasen diprioritaskan, dengan pertimbangan, salah satunya adalah merupakan jalan utama. Selain itu, alasan lain adalah karena jalan tersebut merupakan jalur proses rujukan pasien dari Puskesmas Kebasen ke Fasilitas Kesehatan yang lebih tinggi. Diharapkan, dengan adanya infrastruktur yang baik, maka dapat mendukung kecepatan dalam penanganan pasien,” imbuhnya.

Baca Juga :   Hj. Sri Ruwiyati Terima Anugerah TIMES Indonesia 2020

Rangkaian Reses tersebut diwarnai dengan banyaknya informasi, aduan, serta aspirasi dari para tenaga kesehatan dan kader Posyandu, diantaranya, terkait keterbatasan anggaran PMT, serta kebutuhan peralatan Posyandu yang dapat digunakan dalam penanganan kebijakan dan penganggaran.

Dalam kesempatan ini, Wawan Yuwandha juga memberikan bantuan Alat Kesehatan, berupa Inhalator kepada Puskesmas Kebasen, peralatan cek gula darah kepada seluruh Bidan Desa, serta 102 timbangan badan digital untuk semua Posyandu yang berada di Kecamatan kebasen.

Koresponden : Rizka Uly – Dwiyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here