Gelar Bakti Sosial, Komunitas Juang Banyumas Lakukan Penanaman Pohon

15

Kabupaten Banyumas – Di penghujung akhir tahun 2020, Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas mengamalkan Panca Setya sebagai wujud rasa syukur dalam mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air dan kepada Bangsa, serta kecintaannya terhadap alam semesta. Dalam hal ini, Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas berderap bersama, bergotongroyong dalam melestarikan lingkungan dengan melakukan  gerakan penanaman ratusan batang bibit pohon. Kegiatan penamaman pohon tersebut, Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas menggunakan tagline Melu Memayu Hayuning Bawono. Kegiatan penanaman bibit pohon, berupa penghijauan tersebut dipusatkan di Desa Sibalung, Desa Grujugan, serta Desa Sirau, Kecamatan Kemaranjen, Sabtu, (12/12/2020).

Pemilihan lokasi tersebut disebabkan karena di daerah tersebut rawan banjir. Kegiatan semakin semarak, karena dihadiri oleh warga masyarakat sekitar. Acara tersebut diawali dengan serahterima bibit pohon kepada Kepala Desa di masing-masing tempat penanaman. Bibit pertama dilakukan oleh Ketua Panitia, Dian Nur Rofiq.

Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas melakukan kegiatan penanaman pohon untuk mencegah banjir

Kegiatan penghijauan dengan menanam ratusan pohon tersebut merupakan salahsatu rangkaian kegiatan yang dilakukan Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas dalam merayakan HUT Komunitas Juang Jawa Tengah yang ke-7. Dalam kegiatan penghijauan, hadir pula jajaran Pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kemranjen, Kepala Desa Sibalung, Organisasi Masyarakat (ORMAS) Pemuda Pancasila (PP), serta Kepala Dusun (Kadus) yang berada di Desa Sirau.

Ketua Panitia kegiatan penghijauan, Dian Nurrofiq mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengakomodir Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas untuk bergotongroyong bersama masyarakat yang berada di Kecamatan Kemranjen dalam mewujudkan satu gerakan yang dapat menjadikan Komunitas Juang Kab. Banyumas sebagai agen perubahan. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan Indonesia maju bergerak serentak dengan ketulusan dan keyakinan.

“Kegiatan penghijauan ini dilakukan sebagai wujud rasa pengabdian Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas kepada alam semesta, serta untuk merawat bumi ini. Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sarana untuk mengembalikan fungsi pohon, agar dapat menyerap air, sehingga di Kecamatan Kemranjen tidak terjadi banjir,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Tiwi Dorong Kolaborasi untuk Kembangkan Pariwisata di Jasela
Rangkaian kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Kader Komunitas Juang Banyumas di Kecamatan Kemrajen

Sementara itu, Kepala Desa Grujugan, Sugeng menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas, jajaran PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kemranjen, serta pihak lain yang telah memberikan kepedulian terhadap lingkungan. Terlebih di Desa tersebut telah terjadi musibah banjir. Sugeng mengaku, bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk lingkungan di desanya. Menurut Sugeng, kegiatan positif seperti ini perlu ditingkatkan, untuk melestarikan alam sekitar.

Koordinator Komunitas Juang Kab. Banyumas menutup,”saya yakin, kegiatan penanaman pohon yang dipimpin oleh Dian Nurrofiq, dapat menjadi lokomotif dalam menggerakan komponen masyarakat yang masih peduli dengan lestari lingkungan. Saya berpesan kepada seluruh Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas untuk melakukan yang terbaik kepada masyarakat, demi satu gerakan bersama dalam rangka menuju Indonesia Maju,” tutupnya.

Koresponden : Egar       

15 COMMENTS

  1. Semoga kegiatan kemarin menginspirasi semua pihak untuk melakukan kegiatan penanaman , karena yang saya lihat masyarakat hanya sekedar menebang pohon, belum banyak yang mengedukasi pentingnya reboisasi atau penanaman pohon kembali , atau penghijauan.. yuk teman² kita ajak semua kalangan untuk menanam pohon 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here