Gandeng Karangtaruna, Rober Christanto Gelar Lomba Menghias Kampung

0

Kabupaten Karanganyar – Menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. 76 tahun lalu, tepatnya 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditulisnya sendiri.

Tradisi perlombaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu digelar. Namun, dalam 1 tahun terakhir, Indonesia masih dilanda Pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat kegiatan lomba dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi terbatas. Meskipun di tengah Pandemi Covid-19, kegiatan Lomba 17 Agustus dapat tetap dilaksanakan, namun harus ada penyesuaian sesuai dengan peraturan protokal kesehatan.

Kondisi Pandemi ini, tidak membuat kreativitas anak muda di Kab. Karanganyar berhenti, untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Lomba menghias kampung, menjadi alternatif kegiatan menjelang hari kemerdekaan. Ide unik tersebut merupakan inisiatif dari Karangtaruna Desa Gantiwarno, Kecamatan Matesih.

Ketua Karangtaruna Desa Gantiwarno, Bayu Prakasa menyampaikan, lomba menghias kampung ini diikuti 10 Karangtaruna dari berbagai dusun yang berada di Desa Gantiwarno. Masing-masing Karangtaruna diberi waktu 2 minggu untuk menghias dusun masing-masing, dengan tema hari kemerdekaan.

“Terdapat beberapa kriteria penilaian dalam lomba menghias kampung, diantaranya, hiasan jalan utama kampung, gapura kampung, pos ronda, pernak pernik lampu hias, serta kerapian pagar kampung. Kreativitas dokumentasi video hasil menghias kampung, juga menjadi kriteria. Masing-masing karangtaruna sudah mempunyai media sosial, nanti bisa diunggah,” ujarnya.

Menanggapi ide tersebut, Kader PDI Perjuangan Karanganyar, H. Rober Christanto, S.E. menuturkan, lomba tersebut dapat menumbuhkan rasa mencintai kampung halaman. Dengan adanya lomba ini, kampung-kampung akan nampak meriah, serta menambah semarak Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Walau kondisi Pandemi seperti ini, kami berharap lomba tersebut berjalan lancar dan meriah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Lomba tersebut tentu akan memperat kekompakan di masyarakat, serta memperat tali silaturahmi di lingkup desa” pungkas Rober Christanto yang juga Wakil Bupati Karanganyar.

Baca Juga :   Komunitas Juang Boyolali Ikuti MKKJ se-Solo Raya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here