Dukung Ketahanan Pangan, Azalea Sebar Bibit Ikan

0
Foto: Azalea Tebar Bibit Ikan Bersama Warga

Kabupaten Wonogiri- Komandante Bintang Dua termuda Kabupaten Wonogiri dari Kecamatan Selogiri, Azalea Puteri Utami, sebar bibit ikan nila di salah satu embung aktif di Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu (13/2/2022).

Embung Pakis yang merupakan embung yang genangannya seluas 3,37 ini dapat dimaksimalkan sebagai perairan utama potensi pertanian. Desa Kepatihan sendiri memiliki wilayah persawahan seluas ± 153,2680 ha. Selain itu Embung Pakis diproyeksikan dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata.

Demi menjaga ketahanan pangan, Azalea mencari bantuan dan berkolaborasi dengan Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Wonogiri untuk memanfaatkan fasilitas bibit ikan yang dikelola. Sebanyak 2.000 bibit ikan nila merah disebar bersama penanggung jawab embung dan warga setempat.

“Selama ini hubungan baik sudah terjadi dengan OPD terkait. Permintaan bibit disambut baik meski adanya keterbatasan bibit. Satu syaratnya, pada saat kemarau embung masih ada airnya,” kata Azalea yang juga menjabat Bendahara PAC PDI Perjuangan Selogiri itu.

Azalea juga menyampaikan bahwa penduduk setempat dan penanggung jawab embung setempat menyambut baik program tersebut.

“Agar hasil maksimal dan dapat dimanfaatkan sebagai ketahanan pangan warga sekitar, diperlukan waktu 3 bulan sampai waktu diperbolehkan memancing. Eman-eman kalau dipancing saat ikan masih kecil,” lanjut Azalea.

Agar bibit tumbuh maksimal, masyarakat sekitar berkomitmen untuk menjaga embung agar tidak dipancing atau dijaring terlebih dahulu. Untuk sementara pengunjung hanya dapat menikmati pemandangan yang ada di embung tersebut.

Koresponden : Firfeb

Baca Juga :   Hendi: Kemenangan Ini Merupakan Hasil Kerja Keras Kader Partai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here