Dongkrak Pertanian Maju, Irna Setiawati Salurkan Alat Pertanian

0
Foto: Irna Setiawati Salurkan Alat Pertanian

Kabupatem Pemalang – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Irna Setiawati selama dua hari secara berturut-turut menyerahkan bantuan alat pertanian modern secara langsung bagi kelompok tani di wilayah Kecamatan Randudongkal, Belik, dan Watukumpul, Rabu-Kamis (22-23/12/2021).

Kelompok Tani yang mendapat bantuan berasal dari Desa Semaya dan Semingkir Kecamatan Randudongkal, Desa Bulakan Kecamatan Belik serta tiga desa di Kecamatan Watukumpul. Adapun alat pertanian yang diserahkan adalah 1 unit mesin pembajak tanah (cultivator).

Foto: Irna Setiawati Salurkan Alat Pertanian

Bantuan alat pertanian tersebut, diserahkan langsung pada ketua kelompok tani dengan didampingi kepala desa masing-masing dan dihadiri juga pengurus DPC PDI Perjuangan dan PAC setempat.

Irna Setiawan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa peralatan pertanian ini adalah bantuan pemerintah yang ia perjuangkan untuk para kelompok tani. Ini diharapkan masyarakat petani dipermudah dalam mengolah lahan pertaniannya.

“Sebagai wakil rakyat yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan di mana Jawa Tengah menjadi sumber penyedia pangan atau swasembada, maka pertanian menjadi prioritas pemerintah. Saya berharap adanya cultivator ini bisa mengurangi biaya produksi, karena petani tidak perlu menyewa lagi, tinggal menggunakan dan mohon nantinya untuk dirawat bersama,” katanya.

Sementara itu dalam dialog dengan perwakilan para petani, Irna banyak menerima masukan terkait pertanian. Ada yang mengeluhkan kesulitan terkait pupuk bersubsidi, saluran irigasi yang rusak, serta harga jual hasil tani yang kadang anjlog sehingga nilai keuntungannya sangat sedikit.

“Terkait dengan aspirasi, semua akan kami komunikasikan dengan Dinas Pertanian serta pihak terkait,” jelasnya.

Untuk selanjutnya menanggapi adanya kebutuhan peralatan pertanian jenis yang lain, Srikandi PDI Perjuangan itu akan berupaya untuk kembali memperjuangkannya lagi. Dia menyebut, masih banyak kelompok tani yang perlu mendapatkan bantuan serupa.

Baca Juga :   Edy Wuryanto Gelar Sosialisasi KIE Keamanan dan Gizi Pangan Olahan Resiko Tinggi

Jadi pihaknya berharap, kelompok tani yang sekarang mendapat bantuan perlu bersyukur dahulu dan memanfaatkannya dengan baik. “Ke depannya semoga bisa lebih banyak membantu lagi terkait alat-alat pertranian yang lain yang tentunya alat-alat pertanian modern,” tandasnya.

Sementara itu, Kholipah selaku Ketua PAC PDI Perjuangan Watukumpul yang ikut mendampingi warganya yang mendapat bantuan, merasa bersyukur karena ini adalah bentuk kepedulian petugas Partai yang ada di legislatif di Jawa Tengah yang telah memperjuangkan warganya sehingga mendapat bantuan yang mereka butuhkan.

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here