Dewi Aryani: Vaksinasi untuk ODGJ Harus Menjadi Prioritas

0
Foto: Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Dewi Aryani turun ke desa-desa melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi

Kabupaten Tegal – Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Dewi Aryani memberikan aspirasi vaksin sekaligus turun ke desa-desa melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di 18 kecamatan se-Kabupaten Tegal, Sabtu (21/8/2021).

Salah satu yang menjadi prioritas DeAr panggilan akrab Dewi Aryani adalah vaksinasi untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ. Sekitar 26 orang ODGJ diberikan vaksin Covid-19 setelah pihak keluarga mendapatkan pemahaman pentingnya vaksinasi terutama masyarakat berkebutuhan khusus secara mental atau ODGJ.

Foto: Dewi Aryani Lakukan Peninjauan Vaksinasi

“Kita harus prioritaskan ODGJ mendapatkan vaksin, karena biasanya orang yang punya gangguan jiwa pada umumnya punya penyakit komorbit. Mereka juga mempunyai kesulitan atau keterbatasan untuk menyampaikan adanya keluhan atas apa yang dirasakannya sehingga hal ini memungkinkan untuk pemberian vaksinasi bagi ODGJ agar di prioritaskan,” paparnya, saat vaksinasi di Desa Blubuk, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.

Pada kesempatan ini, Legislator PDI Perjuangan itu juga menyempatkan memberikan bingkisan paket sembako yaitu beras, minyak, gula, teh, mie instan, biskuit, hingga susu kental manis dan uang saku.

DeAr menerangkan, bahwa vaksinasi untuk kelompok difabel dan ODGJ menggunakan vaksin Covid-19 Sinophram sesuai instruksi Kementerian Kesehatan.

Ia mengatakan, perlu sinergitas antar semua pihak mulai keluarga, tenaga kesehatan setempat, hingga masyarakat luas dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya divaksinasi untuk ODGJ.

Dewi Aryani tak segan terus memperjuangkan aspirasi dengan menggelontorkan aspirasi vaksin untuk Kabupaten Tegal hingga mencapai kurang lebih 21.750 orang sampai akhir bulan agustus.

“Semua di sebar hampir 160 desa dengan penjadwalan yang tersistem, rapi dan tetap memprioritaskan prokes ketat salah satunya dengan memberikan undangan dengan kloter waktu yang berbeda sehingga tidak terjadi kerumuman selama pelaksanaan vaksinasi,” jelasnya.

Baca Juga :   Nuryani Fasilitasi Keluhan Petani Terdampak Pandemi

Tak tanggung- tanggung, DeAr juga menggandeng seluruh anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tegal untuk melakukan peninjauan dan pengawasan sekaligus menjaring aspirasi selama vaksinasi berlangsung termasuk melihat bagaimana animo masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Tegal. Kompak dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Koresponden: Arif DN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here