Cara Yunianto Beri Ruang Berekspresi untuk Pemuda

0
Foto: Yunianto Memberikan Sambutan

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung, Yunianto menggelar festival musik di kediamannya yang beralamat Desa Caruban, Kandangan. Festival musik tersebut ditujukan untuk grup band lokal Temanggung yang mayoritas anggotanya merupakan generasi millenial. Total terdapat 27 grup band yang ikut menyemarakkan festival musik tersebut, Selasa (28/6/2022).

Acara yang digelar dari pagi hingga malam hari tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan baik dari unsur pemerintahan maupun masyarakat umum seperti jajaran Forkopimda Temanggung, Forum Duta Genre Temanggung, Fungsionaris DPC, Paguyuban Banteng Kandangan, hingga Korps Komunitas Juang.

Foto: Pegiat Seni Musik di Temanggung Mengapresiasi Langkah Yunianto dalam Menyelenggarakan Festival Musik

Dalam sambutannya, Yunianto yang juga merupakan sosok Ketua DPRD Temanggung ini mengungkapkan bahwa festival musik tersebut menjadi ruang berekspresi bagi generasi muda. Ia melanjutkan bahwa selama ini sangat minim panggung bagi generasi muda di Temanggung untuk menyalurkan bakatnya di bidang musik. Untuk itu, Yunianto memfasilitasi kegiatan tersebut dalam rangka membangkitkan semangat pemuda untuk terus berkarya, khususnya melalui seni musik.

“Fakta dan realitasnya memang di Temanggung ini belum ada ruang berekspresi yang masif bagi para pelaku seni, terlebih seni musik. Karena Pandemi Covid-19 telah berlalu, maka sudah saatnya para pelaku seni tersebut kita perhatikan. Hari ini kita akomodir mereka dalam acara festival musik supaya bakat mereka tersalurkan. Kami mempunyai planning supaya acara ini ke depan terus berlanjut, bukan menjadi acara tentative,” ungkapnya.

Yunianto tak lupa menyampaikan bahwa festival musik yang digelar itu juga selaras dengan ide-ide Bung Karno. Melalui kegiatan ini, ia yakin banyak pemuda yang akhirnya mulai sadar bahwa sosok Proklamator Bangsa Indonesia merupakan seseorang yang harus ditiru semangat juangnya.

Baca Juga :   AYK Beri Santunan Kesehatan Kepada Kader Banteng

“Ruang berekspresi ini adalah cerminan dari pemikiran Bung Karno, yakni beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan seluruh dunia. Selain itu, salah satu poin Trisakti Bung Karno adalah Berkepribadian dalam Berkebudayaan. Seni musik saat ini telah menjadi culture tersendiri bagi masyarakat di Temanggung yang harus diperhatikan dengan baik. Dengan demikian, maka Bung Karno ini memiliki pemikiran yang futuristik terkait pemuda dan juga seni, beliau sangat peduli dengan pemuda dan seni. Jadi sebagai generasi muda, mari kita warisi api dari semangat juang Bung Karno,” lanjutnya.

Sementara itu, Khaliq salah satu peserta kegiatan sangat berterima kasih kepada Yunianto yang telah memberikan ruang berekspresi bagi pegiat seni musik di Temanggung. Menurutnya, Yunianto merupakan sosok yang mampu memahami kebutuhan millennial dengan memberikan aksi nyata, bukan sekedar janji belaka.

“Ini sangat luar biasa, para pegiat seni musik di Temanggung diundang dan diberikan ruang berekspresi di kediaman Pak Yunianto. Jarang bagi kami mendapatkan perhatian seperti ini. Pak Yunianto membuktikan bahwa pribadinya sosok yang berintegritas, mampu memberikan aksi nyata untuk kemajuan di dalam diri pemuda. Saya kira seperti inilah idealnya para pejabat publik, seperti Pak Yunianto yang benar-benar hadir di manapun dan kapanpun,” katanya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here