Bupati Yuni Launching Aplikasi Sipedes

0
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Kabupaten Sragen РBupati Sragen Kusdinar dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati  didampingi oleh Kepala Desa (Kades) Srawung Sugiyono, me-launching aplikasi Sipedes di Balai Desa Srawung, Selasa (27/4/2021) .

Perlu diketahui bahwa aplikasi Sipedes merupakan inovasi dan gagasan dari Sekretaris Desa Srawung, Dewi Untari. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah warga dalam mengajukan permohonan surat secara online melalui aplikasi Sistem Pelayanan Desa (Sipedes) yang bisa diakses melalui gawai masing-masing warga. Setidaknya ada 12 macam surat yang dapat diajukan oleh para pemohon mulai dari surat pindah domisili, surat kelahiran, permohonan wali nikah, perubahan akta dan masih banyak lagi.

Bupati Sragen yang juga kader PDI Perjuangan tersebut turut senang serta mengapresiasi terkait adanya aplikasi online tersebut. Dia mengatakan pihaknya berhasil dalam menata SDM yang berkualitas di desa.

“Pemilihan perangkat desa menghasilkan kualitas beberapa perangkat desa yang mumpuni salah satunya di Desa Srawung. Tanpa campur tangan Pemerintah Kabupaten, di sini memperoleh SDM yang unggul,” kata Mbak Yuni sapaan akrab Bupati Sragen.

Mbak Yuni mengatakan tugas selanjutnya ialah mensosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat terkait aplikasi ini. Di samping itu, dengan adanya aplikasi tersebut juga dapat meminimalisir durasi pertemuan warga dengan perangkat desa.

Menurutnya, saat ini sudah mulai bermunculan ide-ide kreatif para perangkat desa yang berasal dari generasi muda. Guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Kalau kita bisa memanfaatkan handphone itu merupakan jendela dunia. Begitu pula aplikasi ini, cukup dari rumah isi form, surat jadi. Tinggal ke balai desa mengambil surat saja,” tutup Mbak Yuni.

Koresponden: Rafif Abrar Setyahadi & Rafif Qais Ardiensyah.

Baca Juga :   Ketua BMI Purworejo, Penggiat Kopi Lokal dan Inisiator Penghijauan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here