Bupati Tiwi Gotong Royong Bangun Pamsimas, 400 Keluarga Desa Bandingan Siap Teraliri Air Bersih

0

Kabupaten Purbalingga – Warga Desa Bandingan, Kecamatan Kejobong, bersama Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi, bergotong royong memasang, serta menanam pipa dari pembangunan penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), di Dusun Kalgung, Rabu (8/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Bandingan, Miswanto mengungkapkan, jaringan Pamsimas tersebut untuk mengairi beberapa wilayah, terutama Dusun Kalgung, RT 2 RW 1.

Bupati Tiwi bergotong royong membangun Pamsimas di Desa Bandingan

Sementara itu, Bupati Tiwi menyampaikan apresiasi atas semangat gotong royong masyarakat Desa Bandingan. Bupati Tiwi berpesan, agar Pamsimas ini bisa dijaga, dirawat, serta diuri-uri keberlangsungannya.

“Semoga program Pamsimas HID Mama, bisa bermanfaat, serta bisa membawa berkah barokah. Pemkab Purbalingga pada Tahun 2021 telah menganggarkan pemeliharaan Jalan Lingkungan sebesar Rp. 150 Juta di Desa Bandingan. Saya juga memastikan, awal Tahun 2022 akan membantu lampu penerangan jalan umum,” tuturnya.

Bupati Tiwi juga mengapresiasi Pemdes Bandingan. Mengingat, di tengah anggaran minim di masa Pandemi Covid-19, namun Kepala Desa mengalokasikan program kegiatan untuk pemulihan ekonomi desa, salah satunya BUMDes.

“Kebetulan dalam pemulihan ekonomi, Pemkab Purbalingga mempunyai dana stimulan Rp. 10–30 Juta untuk kelompok UMKM, pegiat wisata, serta Kelompok Tani. Kalau ada kelompok yang membutuhkan sentuhan ini, Pak Kades bisa bersurat,” imbuhnya.

Pada acara kali ini , uga diserahkan berbagai bantuan, dantaranya, 853 paket beras dan lele, 4 paket PMT untuk ibu hamil dan balita, 1 kursi roda, 1 mesin rotari, beras dan sarung untuk RTLH, 20 zak semen untuk mushola, bantuan permodalan sebesar Rp. 600.000 untuk 5 orang dari Baznas, bantuan untuk anak sekolah Rp. 250.000 untuk 30 anak dari Bank Jateng, bantuan anak yatim piatu sebesar Rp. 200.000 untuk 54 orang dari BPRS Buana Mitra Perwira, serta bantuan pemugaran RTLH sebesar Rp. 5 Juta dari BPR Artha Perwira.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Boyolali Bantu Paket Sembako untuk Buruh Gendong

“Kegiatan kali ini juga meresmikan Gedung BUMDes di kompleks Balai Desa Bandingan. Pemerintah Desa Bandingan memiliki sejumlah unit usaha BUMDes, diantaranya BPSPAM Pamsimas, lumbung desa, pengelolaan Pasar Desa, serta Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (UESP). Nanti masih memungkinkan lagi, kreatifitas inovasi dari keterlibatan masyarakat dan pemuda, salah satunya pendapatan di sektor pariwisata,” pungkasnya.

Koresponden : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here