Brebes PPKM Level 4, Legislator PDI Perjuangan Brebes Minta Pemkab Genjotkan Vaksinasi

0
legislator PDI Perjuangan Brebes, Hj Tri Murdiningsih

Kabupaten Brebes – PPKM di Brebes kembali naik dari level 3 ke level 4. Terkai hal ini, legislator PDI Perjuangan Brebes, Hj. Tri Murdiningsih menyoroti naiknya level PPKM di Brebes. Apalagi Brebes menjadi satu-satunya daerah level 4 di Jateng.

Dia pun meminta Pemkab Brebes untuk mempercepat vaksinasi. Karena salah satu indikasi naiknya level PPKM adalah karena rendahnya vaksinasi.

“Vaksinasi merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat, bukan hanya berada di puskesmas, tetapi harus menyasar ke daerah-daerah lainnya, pun menggandeng pihak swasta untuk mempercepat penerima dosis vaksin,” kata Tri Murdiningsih, Selasa (14/9/2021).

Anggota Komisi II DPRD Brebes itu menyatakan, bahwa pengerahan vaksinasi massal bisa dari dana CSR masing-masing RS. Itu pun sudah ada dalam tata aturan manajemen RS terkait kewajiban CSR.

“Kalau dilakukan hanya oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan jaringanya, ya dijamin tidak akan maksimal dan menggangu program lain sesuai tugas dan fungsi Puskesmas,” ungkapnya.

Tri Murdiningsih mengatakan, secara psikologis masyarakat sudah tidak sabar untuk kembali ke dalam kondisi normal, di mana sekolah melaksanakan tatap muka seperti biasa, ekonomi bergeliat dengan dibukanya pasar rakyat. Akan tetapi, kondisi demikina tidak ditunjang oleh disiplin prokes dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi terutama golongan lansia.

Ketua DPC PDI Perjuangan Brebes, H. Indra Kusuma mengungkapkan, bahwa pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, jangan sampai lalai akan prokes.

“Ayo kita jangan abai prokes, terutama jangan takut divaksin, saat ini DPC PDI Perjuangan Brebes bekerjasama dengan Dinas Kesehatan bersama-sama berperan akan suksesnya vaksinasi,” kata Indra.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes, dr. Sri Gunadi Parwoko, mengakui jika cakupan vaksinasi Covid-19 di Brebes masih di bawah 15 persen. Sejumlah faktor adalah karena stok dosis vaksin masih terbatas.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kudus Turut Serta Ikuti Webinar DPP PDI Perjuangan

Sementara Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti menyatakan, jika kenaikan kategori dari level 3 ke level 4 dalam PPKM karena ada kesalahan administrasi. Yakni dalam pelaporan terkait data kasus Covid-19.

“Secara riil di lapangan, hari ini Brebes masih pada level 3 PPKM Jawa-Bali. Karena ada kesalahan teknis dalam input data kasus COVID-19. Di antaranya data pasien meninggal dunia, pasien dalam perawatan, pasien sembuh hingga capaian vaksinasi,” kata Idza Priyanti.

Koresponden : Initial_Em

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here