Bincang UMKM, Andang: Harus Go Digital

0
Foto: Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Andang Wahyu Triyanto Menjadi Pembicara di Radio Elshinta Semarang

Kabupaten Jepara – Masa pandemi Covid-19 ini banyak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak hanya harus lebih meningkatkan kekuatan mentalnya, namun juga harus lebih kreatif dan produktif.

Dituangkan Andang Wahyu Triyanto selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ketika mengisi di Radio Elshinta Semarang bersama Ema Rahmawati selaku Ketua Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Selasa (28/09/2021).

Dalam pembahasannya, UMKM di masa pandemi ini memang sangat terdampak dan patut menjadi perhatian pemerintah. Karena dalam kurun waktu 2 tahun banyak UMKM lebih dari 60% jalan di tempat, bahkan bisa dikatakan lesu.

Hampir di semua sektor UMKM terdampak, terkecuali sektor komunikasi atau pun sektor pertanian. Hal ini dikarenakan menyangkut kebutuhan pangan. Namun di sektor lain, seperti pariwisata hingga seni hiburan dampaknya sangat luar biasa.

Andang mengungkapna, bahwa dinamika saat ini jangan sampai menjadi benalu berlebih. Artinya, ini semua bisa disikapi dengan adanya kemauan teman-teman pelaku UMKM untuk go digital.

“Ini harus kita mulai, UMKM go digital menjadi nilai harapan besar bagi teman-teman UMKM itu sendiri. Terlebih, ini harus diberikan pendampingan ketat, karena digitalisasi membutuhkan pengetahuan, sikap enterpreneurship yang matang, hingga penguatan permodalan dan lain-lain,” pungkasnya.

Koresponden : Agus Budianto

Baca Juga :   Gelombang Terakhir Penyerahan Paket Sembako untuk Kader Partai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here