BHB Beri Sosialisasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

0

Kabupaten Banyumas – Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Hariyanto Bachrudin, yang kerap disapa BHB, menjadi narasumber di acara Sosialisasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiyono, Ketua UPPD Banyumas, Fatmawati, Direktur Bank Jateng, Ketua Bapeda Kab. Banyumas, Eko Prijanto, Camat se-Kab. Banyumas serta tokoh masyarakat. Acara tersebut dilaksanakan di Krishna Ballroom lantai 3, Hotel Java Heritage Purwokerto, Kamis, (8/9/2022).

Menurut BHB, yang juga Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah Fraksi PDI Perjuangan menerangkan, kegiatan tersebut adalah dalam upaya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor dan peningkatan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Pihaknya mengharapkan dukungan dari segenap pihak untuk berpartisipasi dalam upaya optimalisasi pembayaran pajak kendaraan bermotor, sehingga dapat memenuhi target untuk mendukung pembangunan.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiyono mengatakan, pendapatan sektor pajak di Kab. Banyumas mengalami penurunan. Bahkan, dalam dua tahun terakhir tidak memenuhi target. Pihaknya juga memperjelas, bahwa hal tersebut tidak hanya terjadi di Banyumas, namun hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, karena adanya Pandemi Covid-19.

Sosialiasasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor oleh BHB.

“Target pajak dua tahun terakhir tidak tercapai. Hampir semua daerah seperti itu, karena efek Pandemi. Saya kira hampir merata, bukan hanya di Banyumas. Akibat Pandemi, sektor usaha apapun memang hancur,” tuturnya.

Sadewo, yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Banyumas menambahkan, tahun 2021, meski sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, namun masih belum sesuai harapan. Maka dari itu, pihaknya berharap, agar di tahun 2022 ini pendapatan daerah dari sektor pajak dapat memenuhi target.

Baca Juga :   Dwi Laksari Ajak Semua Pihak Sukseskan Vaksinasi

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Banyumas, Fatmawati menjelaskan, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk menggenjot sektor pajak yakni, pajak kendaraan bermotor. Melalui sosialisasi “Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor” tersebut, disampaikan pentingnya pendapatan dari sektor pajak, khususnya untuk pembangunan.

“Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu jenis pajak asli daerah. Diharapkan, dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak, serta dapat mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor,” pungkasnya.

Koreponden : Karsim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here