Baguna PDI Perjuangan Kab. Semarang Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

0
321

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020, Baguna PDI Perjuangan Kab. Semarang bersama jajaran Forkompimda, pimpinan OPD, Komunitas Peduli Lingkungan dan Masyarakat sekitar mengikuti gerakan peduli sampah dengan menyisir dan memungut sampah di sepanjang aliran sungai Wonoboyo Desa Jatijajar Kec. Bergas , jumat (28/02).

Apel Gerakan Peduli Sampah Nasional dengan tema “Indonesia bersih, Indonesia maju, Indonesia sejahtera” dihadiri juga oleh ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. yang juga Wakil Bupati Semarang, Ketua DPRD Kab. Semarang, Bondan Marutohening, dan Ketua Komisi C DPRD Kab. Semarang, Wisnu Wahyudi.

Ngesti Nugraha mengajak seluruh seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di sepanjang aliran sungai “kami juga menghimbau kepada perusahaan agar tidak membuang limbah ke sungai sebelum limbah diolah dan perlunya sosialisasi berkelanjutan yang melibatkan pemerintah Desa/Kelurahan, harapannya program peduli lingkungan bisa berjalan di seluruh Kecamatan di Kab. Semarang. Hasil pengelolaan sampah organik bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman hingga pengembangan budidaya Maggot atau lalat pengurai sampah organik, kemudian sampah anorganik dipilah untuk dijual kembali, kalaupun ada sampah anorganik yang tidak bisa dijual itu yang perlu kajian dan inovasi supaya tidak mencemari sungai,” papar Ngesti Nugraha.

Pada kesempatan ini, Kepala DLH Kab. Semarang, Nurhadi Subroto mensosialisasikan pemberian BPJAMSOSTEK kepada para relawan. “seluruh relawan peduli lingkungan yang tergabung dalam Forum komunikasi relawan lintas komunitas peduli lingkungan hidup (Forkom Relinko) Kabupaten Semarang akan menjadi peserta BPJAMSOSTEK, relawan maupun masyarakat secara umum ketika beraktivitas di lapangan pasti beresiko. Ini bentuk kolaborasi kami dengan BPJAMSOSTEK perlunya mendapatkan jaminan sosial,” tuturnya.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK, Muslih Hikmat menambahkan “Wakil Bupati Kab. Semarang secara simbolis telah menyerahkan kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK kepada perwakilan anggota Forkom Relinko, setidaknya ada 40 anggota dari berbagai komunitas peduli lingkungan yang sudah terdaftar sebagai peserta aktif mereka mendapatkan 2 jaminan yaitu Kecelakaan kerja dan Jaminan Kematian (JKK dan JKM). Kepada para relawan kami juga sudah berikan sosialisasi tentang manfaat kepersertaan BPJAMSOSTEK,”

Baca Juga :   Dua Kader Beda Generasi Lakukan Kolaborasi Dalam Bidang Usaha

Koresponden: Heru Prasetya