Afif Nurhidayat: Kualitas Guru Harus Terus Ditingkatkan

0
Foto: Bupati Kab. Wonosobo, Afif Nurhidayat

Kabupaten Wonosobo – Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, bahwa kualitas seluruh guru harus senantiasa ditingkatkan. Ini penting, pasalnya untuk menciptakan kader-kader potensial di masa depan yang lebih baik.

“Karena kualitas guru yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas peserta didik. Guru harus terus belajar, mengikuti perkembangan teknologi informasi dan mampu menciptakan media pembelajaran baru,” ujarnya.

Afif Nurhidayat memberikan pernyataan tersebut dalam “Seminar Nasional Matematika Indonesia”, yang bertempat di Hotel Dafam Wonosobo. Seminar ini diikuti oleh guru matematika dari berbagai sekolah guna meningkatkan kompetensi di bidang matematika (20/06/2021).

Foto: Bupati Kab. Wonosobo, Afif Nurhidayat

Pihaknya berharap melalui seminar ini dapat menambah kompetensi guru, khususnya di bidang matematika. Karena pelajaran tersebut merupakan kemampuan dasar yang mesti dimiliki setiap siswa di semua jenjang pendidikan.

“Kompetensi bidang studi matematika terus ditingkatkan. Kualitas guru matematika juga harus ditingkatkan. Pemerintah ingin menciptakan kader-kader potensial ke depan, yang lebih baik,” ujar mantan Ketua DPRD Wonosobo itu.

Di depan peserta seminar yang merupakan kepala sekolah dan guru matematika di Wonosobo itu, Bupati menuturkan bahwa guru pada masa ini dihadapkan pada generasi yang penuh dengan tantangan.

“Era digitalisasi membuat guru harus dibekali dengan kompetensi yang memadai. Guru harus selalu beradaptasi dengan media sosial dan teknologi pembelajaran yang terus berkembang,” pintanya.

Di era global saat ini, lanjut dia, mengharuskan para guru untuk menguasai gawai dan teknologi digital. Tapi jangan guru atau siswa justru sampai diperbudak oleh teknologi. Tidak untuk kegiatan studi tapi justru untuk hal yang tidak bermanfaat.

“Guru harus memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin untuk kepentingan yang lebih baik, utamanya dibidang pendidikan. Ciptakan inovasi baru berupa media pembelajaran yang lebih fresh,” tandasnya.

Baca Juga :   Jadikan Hari Pendidikan Nasional Sebagai Momentum Membangun Kecerdasan yang Berperadaban

Koresponden : Afif – Albar