Sepuluh Anggota DPRD Purworejo Dari PDI Perjuangan Dilantik

0
656

PURWOREJO, DerapJuang – Ketua PN Purworejo Sutarno, SH, M.Hum pimpin pengucapan sumpah dan janji 43 anggota DPRD Purworejo masa jabatan 2019-2024 hari ini, Rabu 14 Agustus 2019 di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Purworejo.

Dari total 45 anggota DPRD terpilih, ada dua orang legislator tidak bisa mengikuti pelatikan dikarenakan sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah. Dua orang anggota DPRD tersebut yakni dari PDI Perjuangan, Luhur Pambudi, dan dari PKB, Frans Suharmaji.

Sekretaris Dewan (Sekwan), Bambang Ariawan menjelaskan bahwa dua anggota dewan terpilih yang belum terlantik hari ini akan dilantik pada sidang Paripurna istimewa dan rapat Bamus.

Sebanyak 43 anggota DPRD Purworejo masa jabatan 2019-2024 mengucap sumpah janji jabatan, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Purworejo, Rabu (14/8). Foto:DerapJuang/Yahya

“Dua orang yang hari ini belum terlantik maka akan dilantik pada rapat Paripurna dan Bamus,” tutur Bambang.

Selain itu, terdapat dua caleg terpilih yang sebelumnya dianulir oleh KPU karena terbukti melanggar UU Pemilu. Mereka telah digantikan dengan caleg dengan perolehan suara terbanyak di bawahnya.

“Endang Tavip Handayani dari Gerindra Dapil 5 Purworejo digantikan oleh Muhammad Fakhrudin Sidiq, dan Ghofururrohim,SH dari PKS Dapil 6 Purworejo digantikan oleh Mustaqim,” ungkap Bambang menambahkan.

Sementara PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu legislatif yang memperoleh kursi terbanyak (10 kursi) sudah dipastikan salah satu kader terbaiknya akan kembali menduduki Ketua DPRD Kabupaten Purworejo masa jabatan 2019-2024.

Posisi kedua Partai Golkar dengan perolehan 8 kursi, kemudian PKB, Demokrat, Gerindra dan Nasdem masing-masing memperoleh 5 kursi. Dengan demikian, bisa dimungkinkan komposisi pimpinan dewan tidak akan berubah dari periode sebelumnya.

Foto:DerapJuang/Yahya

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setyabudi menyampaikan bahwa dirinya telah mengusulkan 10 nama anggota DPRD ke DPP partai untuk memperoleh rekomendasi sebagai ketua DPRD Purworejo.

Baca Juga :   Bupati Pemalang Ikuti Diskusi Virtual Bersama DPP PDI Perjuangan

“Sepuluh kader yang saya usulkan adalah kader terbaik, selanjutnya DPP yang akan menentukan siapa yang akan ditugaskan menjadi ketua DPRD Purworejo. Bukan berarti saya selaku ketua DPC partai lantas otomatis menjadi ketua DPRD, walaupun itu memang menjadi pertimbangan dan nilai tambah bagi saya,” ujar Dion saat ditemui Derap Juang usai pengambilan sumpah janji anggota DPRD.

Laporan: Akhmad Yahya – Kab. Purworejo