Baguna Kab. Semarang Latihan Bersama SAR

0
517
Baguna Kab. Semarang bersama dengan 43 organisasi SAR Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah.

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang dan team SAR dari berbagai organisasi Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah mengikuti latihan gabungan evakuasi di Gua Kiskendo Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jumat hingga Minggu (19-21/7).

Acara ini melibatkan 43 organisasi SAR, diantaranya Wonosobo Skzdors, Grasindo Temanggung, Smargana Kota Semarang, Sernu Boja, Boja Peduli, Rapi Boja, Bapres dari Batang, KRI Kota Semarang, MGMC Boja, Tagana Kota Semarang, BPBD Kota Semarang, Ubaloka Kota Semarang, Satuan MENWA, dan berbagai komunitas relawan lainnya di Jateng.

Latihan gabungan evakuasi di selenggarakan di Gua Kiskendo Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, pada hari Jumat hingga Minggu (19-21/7).

Acara yang diinisiasi oleh Komunitas Relawan bertajuk “Jami’ah SAR Sedulur Tunggal Nguri Jagad” dengan instruktur dari Basarnas ini bertujuan untuk mendukung keahlian dan penggunaan peralatan dalam suatu evakuasi team SAR.

Sebelum peraktik evakuasi di lapangan, peserta diberi materi LOWRING (menurunkan korban dengan tandu basket), LIFTING (menaikkan korban), ASCEND & DESCEND (naik turun pada tali), dan SLOPE (kemiringan di bawa naik).

Praktik Lifting (menaikkan korban) menjadi salah satu latihan untuk mendukung keahlian dan penggunaan peralatan dalam suatu evakuasi team SAR.

“Dalam latihan tersebut, selain mendapatkan teman SAR baru, kami juga jadi tahu bagaimana cara mengevakuasi korban dengan alat dan penggunaanya dengan benar, dan yang paling berkesan yaitu pentingnya kerjasama team dalam melakukan evakuasi dan keselamatan,” tutur Gunawan yang merupakan peserta perwakilan dari Baguna Kabupaten Semarang.

Laporan: Heru Prasetya – Kab. Semarang

Baca Juga :   PDI Perjuangan Jepara Turut Meriahkan Juni Bulan Bung Karno