Yunianto: PNS Harus Memaknai Arti Pelayanan Publik

0
Foto: Ketua DPRD Temanggung, Yunianto

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto memberikan pandangannya terkait dengan tantangan yang mesti dihadapi oleh jajaran birokrat di Temanggung. Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat yang optimal adalah salah satu tujuan besar yang harus diwujudkan oleh para birokrat.

Diketahui, beberapa waktu yang lalu, Pemkab Temanggung telah menyeleksi ribuan CPNS untuk menjadi human resource dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Adapun jumlah orang yang dilantik menjadi PNS adalah 915 dan mereka akan bertugas di berbagai instansi pemerintahan. Pengambilan sumpah/janji PNS sendiri dilakukan di Alun-alun Temanggung dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda.

Dengan bertambahnya human resource ini, Yunianto yang juga merupakan sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung berharap mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik di mana setiap kebutuhan masyarakat dapat terakomodir. Setiap PNS dijelaskan olehnya merupakan abdi negara, sedangkan kedaulatan tertinggi negara berada di tangan rakyat.

“Ketika dikembalikan kepada konstitusi bangsa Indonesia, yakni UUD 1945 tepatnya Pasal 1 Ayat 2, pokok intinya adalah kedaulatan tertinggi negara berada di tangan rakyat, kita menganut sistem demokrasi. Dengan demikian, maka seluruh komponen penyelenggaraan negara juga mesti berpedoman terhadap hal tersebut. PNS sebagai salah satu elemen penting harus mengutaman kepentingan rakyat dalam memberikan pelayanan publik. Apa yang dibutuhkan rakyat atau masyarakat harus diakomodir,” paparnya.

Lebih lanjut, Yunianto juga menegaskan bahwa Pemkab dan DPRD Temanggung senantiasa membuka diri terhadap usulan maupun kritik yang sifatnya konstruktif. Aspirasi yang berasal dari masyarakat maupun PNS disilahkan olehnya untuk disampaikan dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang progresif. Untuk PNS sendiri, ia juga meminta supaya mereka senantiasa membangun komunikasi baik secara vertikal maupun horizontal sehingga setiap tugas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan harmonis.

“Kita terbuka untuk menerima usulan, masukan, maupun kritik. Kita punya Perda terkait keterbukaan informasi publik. Jadi, terkait denga progres pelayanan publik, pasti akan kami sampaikan, kami bertanggung-jawab atas hal itu pada masyarakat. Silahkan apabila ada gagasan yang visioner supaya disampaikan, karena masa depan Temanggung yang cerah adalah tanggung jawab kita semua. PNS yang sudah dilantik juga jangan sungkan untuk membuka komunikasi dengan kanan-kiri maupun atas-bawah. Kita adalah negara yang mempunyai spirit gotong royong, jadi ketika salah satu PNS berkembang, yang lain juga harus mengikutinya,” tandasnya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here